PAW Jero Wacik dan Putu Leong Masih Digantung

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Proses Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Putu Sudiartana alias Putu Leong nampaknya juga akan berproses cukup alot meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi akibat penyuapan. Alotnya proses PAW Putu Leong juga terjadi dengan proses Pergantian Anggota DPR RI Terpilih, Jero Wacik padahal sudah ditetapkan menjadi terdakwa kasus korupsi akibat penggelembungan anggaran Kementerian yang dipimpin Jero Wacik.

Seperti dipertegas Ketua DPD Partai Demokrat Bali, I Made Mudarta, lambatnya proses pergantian Jero Wacik sebagai Anggota DPR RI terpilih dari Dapil Bali akibat digantung oleh proses kasasi kasus Jero Wacik di Mahkamah Agung. “Jika ketok palu dan sudah inkrah baru proses PAW Pak Wacik bisa jalan. Karena Demokrat menghormati semua tahapan hukum di Indonesia. Karena yang tidak puas khan di level Jaksa dan KPK yang melakukan banding. Padahal Jero Wacik sudah mau menerima vonis 4 tahun,” katanya saat ditemui di Denpasar, Jumat (19/8) kemarin.

Demokrat Bali berharap proses kasasi kasus Jero Wacik segera fi nal dan menghasilkan keputusan inkrah. Mengingat Bali selama ini dua kursi DPR RI dari Demokrat kosong, karena tersandung akibat kasus korupsi. “Proses kasasinya sudah mengajukan kesimpulan untuk keputusan kasus Pak Jero Wacik. Kita berharap Pak Jero Wacik mendapat keputusan fi nal biar tidak digantung lagi. Hakim agar memutus dengan seadil-adilnya,” harapnya.

Sementara itu, disinggung PAW Putu Leong juga bernasib sama karena masih proses pemeriksaan saksi-saksi dan prosesnya masih alot. DPP Demokrat juga masih meminta kejelasan status Putu Leong apakah OTT (Operasi Tangkap Tangan) atau tidak. Jika sudah ada kejelasan soal status tersangkanya tentang apa, baru Dewan Kehormatan Partai Demokrat bisa memutuskan status Putu Sudiartana di Demokrat maupun di DPR RI. “Tetap saja proses PAW jadi tidak bisa jalan sebelum ada kejelasan dari KPK apakah OTT atau gimana. Sekarang kan statusnya digantung sama kayak Jero Wacil belum fi nal,” jelasnya.

Meskipun masih menunggu proses hukum namun sudah disiapkan penggantinya untuk gelombang pertama untuk PAW Jero Wacik atau Putu Leong yang lebih dulun proses hukumnya fi nal akan di PAW oleh Tutik Kusuma Wardhani sebagai peraih suara terbanyak ketiga. Sementara untuk gelombang kedua baru akan di PAW oleh Putu Supadma Rudana sebagai peraih suara terbanyak keempat. 016

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!