Pasar China dan Malaysia Mulai Masuk

posbali.id

Juli-Agustus, Jumlah Wisman NTB Meningkat Signifi kan

 

Fahrul Mustofa

JUMLAH kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) pada bulan Juli dan Agusutus ke NTB mengalami peningkatan signifikan. Menariknya, dari sejumlah wisman yang berkunjung tahun ini, terdapat wisatawan dari pasar baru yakni, negara China dan Malaysia.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) NTB, I Gusti Lanang Patra mengatakan, merujuk informasi dari para anggotanya, angka kunjungan wisatawan ke NTB pada dua bulan itu yakni, Juli dan Agustus mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Hal ini, dipicu diluar Indonesia, kini tengah mengalami musim panas. Sehingga banyak wisatawan mancanegara yang pergi berlibur ke negara lain, salah satunya adalah Indonesia. “Untuk Indonesia, NTB termasuk destinasiyang paling banyak dikunjungi. Dan, pada Juli-Agustus, peningkatannya memang lebih banyak jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Umumnya, semua hotel di Lombok sudah full boking,” ungkap Lanang menjawab wartawan di Kantor Disbudpar NTB, Kamis (11/8).

General Manager (GM) Lombok Raya itu mengaku, khusus di hotelnya, para wisatawan umumnya lama menginap hingga seminggu. Selain itu, pasar baru wisatawan yang kini disasar NTB yakni, China dan Malaysia juga mulai nyaman untuk berlamalama di Nusa Tenggara Barat.

Untuk itu, kegiatan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) tahun 2016 yang telah dijadwalkan oleh Disbudpar NTB akan bisa menambah lama tinggal mereka. “Karena, wisatawan yang datang itu adalah turis musiman, maka butuh banyak event untuk membuat mereka betah dan nyaman berlama-lama di NTB. Nah, BBLS ini adalah sarana untuk menunjang wisatawan bisa akan terus meningkat, dan memiliki keinginan yang besar untuk kembali ke NTB setelah mereka berlibur,” kata Lanang Patra.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB H. Lalu Muhamad Faozal MSi mengatakan, trend jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB tercatat mencapai 1 juta orang wisatawan. Jumlah ini dirilis pasca selesainya perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 di NTB beberapa hari lalu itu.

“Nah, ajang BBLS kali ini, kita menargetkan angka kunjungan bisa menembus dua ribu orang. Kita sangat optimis bisa menembus angka itu, karena BBLS sudah masuk dalam daftar planing agenda para travel agent di NTB,” ujar Faozal.

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!