Parta Gagas Graha Werdha Bali, Tempat Menyenangan untuk Lansia

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID- Ketua Pansus Ranperda tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia) Nyoman Parta mendorong terbentuknya Graha Werdha Bali untuk para Lansia.

Keberadaan Graha Werdha Bali ini perlu diatur secara khusus dalam Perda tentang Kesejahteraan Lansia. “Dalam Perda Lansia nanti kita akan atur tentang Graha Werdha Bali,” kata Parta di Denpasar, Rabu (8/8/2018).

Ketua Komisi IV DPRD Bali ini menjelaskan, Graha Werdha Bali merupakan sebuah tempat berkumpul, dan bertemunya para lansia yang sehat dan produktif dengan generasi yang lebih muda. Di Graha Werdha Bali ini, para Lansia bisa berbagi pengalaman hidup kepada generasi yang lebih muda dari mereka.

“Graha Werdha Bali ini tempat atau wadah bertemunya para lansia dengan generasi yg lebih muda, agar ada tempat para lansia menceritakan pengalamannya, menceritakan kesuksesannya,” jelas Parta.

Politikus PDI Perjuangan asal Desa Guwang, Sukawati Gianyar ini mengatakan, melalui Graha Werdha Bali ini para Lansia masih bisa berkontribusi dengan berbagi pikiran dan pengalaman hidup mereka. Menurut dia, banyak Lansia yang mapan, memiliki kisah hidup sukses yang perlu dibagikan kepada masyarakat.

“Graha Werdha Bali ini menjadi media para lansia potensial atau produktif utuk berkontribusi pikiran. Secara ekonomi mereka mapan dan banyak pengalamannya. Mereka ada yang Profesor, doktor, pensiunan pejabat, pengusaha, pensiunan dokter, bidan perawat, guru, pendeta, petani dan peternak beprestasi,” jelas Parta.

Politikus vokal yang maju sebagai Caleg DPR RI pada Pileg 2019 ini mengatakan, penting bagi para Lansia disediakan wadah untuk berinteraksi dengan masyarakat. Selain sumbangan pemikiran dan pengalaman hidup mereka yang berguna bagi generasi yang lebih muda, juga manfaatnya positif untuk para Lansia itu agar mereka tidak pikun.

“Ini penting agar para Lansia tidak kena Dimensia atau pikun. Perlu disediakan Graha Werdha Bali itu agar mereka bisa berinteraksi, bisa bercerita,” kata Parta.

Ia menambahkan, Graha Werdha Bali juga menjadi wadah utuk mencarikan selusi bagi lansia yang tidak produktif, yakni lansia yang sakit, terlantar maupun yang diterlantarkan.

Penggagas Ranperda Lansia ini melanjutkan, Graha Werdha Bali ini nantinya bisa dijadikan tempat utuk kunjungan anak anak sekolah. “Untuk mendengar cerita sukses dari para lansia potensial ini. Tentu banyak kisah hidup inspiratif dari para Lansia yang bisa diteladani oleh anak-anak sekolah,” ujar Parta.

Selain itu, Graha Werdha Bali ini nantinya bisa jadi tempat pameran, pentas musik, diskusi dan belajar meditasi. “Pokoknya itu akan menjadi tempat menyenangkan. Astungkara,” pungkas Parta. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!