Pariwisata Rugi Rp9 Triliun

posbali.id

Media Diimbau Tak Berlebihan Beritakan Gunung Agung

KARANGASEM, POS BALI – Erupsi gunung Agung tampaknya tak hanya dirasakan bagi masyarakat Karangasem yang berada di kawasan rawan bencana (KRB) melainkan bagi seluruh masyarakat Bali terutama karena dunia pariwisata karena sampai sekarang wisatawan yang datang ke Bali anjlok hingga menyebabkan kerugian mencapai Rp9 triliun.

“Bayangkan, sudah Rp9 Triliun kerugian akibat matinya pariwisata gara-gara Gunung Agung,” ujar Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa di sela-sela acara penerimaan bantuan logistic dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Pusat di Posko Iduk Tanah Ampo, Kamis (7/12) kemarin.

Wabup Artha Dipa menyayangkan pemberitaan yang melebih-lebihkan yang membuat suasana menjadi seram. Padahal menurutnya, Bali dan Karangasem masih aman dikunjungi oleh wisatawan. “Dari 12 Objek Daya Tarik Wisata di Karangasem hanya satu yang ditutup yaitu Besakih, objek yang lain kan berada di zona Aman,” terangnya.

Wabup pun meminta jangan sampai media atau medsos memberitakan Gunung Agung berlebihan sehingga membuat wisatawan takut berkunjung ke Bali. Semisal tidak ada leleran larva disebut ada padahal gambar bukan dari gunung Agung. Begitu juga belum ada hujan batu sudah disebut ada hujan batu di Desa Dukuh namun ketika dicek ternyata tidak ada. “Berita seperti itulah yang sangat merugikan kita bersama,” terangnya.

Wabup menyebut anjloknya pariwisata saat ini lebih parah dari tragedy Bom Bali I pada 2002 dan Bom Bali II tahun 2005 lalu. “Kalau pariwisata di Bali anjlok jelas semua akan terdampak,” tegasnya.

Sementara itu, Wabup mengapresiasi segala batuan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Pusat kepada para pengungsi Gunung Agung. Disampaikan walau saat ini terjadi badai gelombang terpuruknya ekonomi, namun kepedulian terhadap sesama tidak boleh padam. “Terima kasih atas bantuan yang diberikan, pastinya akan sangat meringankan para pengungsi,” terangnya seraya meminta pihak ketiga memberikan CSRnya untuk korban bencana Gunung Agung.

Sementara itu, Direktur Coporatif Strategic dan Finance ITDC Jakarta, Jatmiko Santosa menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa memberikan bantuan kepada korban bencana. “Ini bantuan kami tahap kedua, sebelumnya sudah pada September lalu,” terangnya. Jatmiko menjelaskan bantuan yang diberikan berupa semen, tendon air, sembako, popok bayi, closet, alat-alat MCK dan berbagai kebutuhan pengungsi lainnya. Bantuan itu berasal dari dana CSR pada 38 BUMN yang tergabung dalam ITDC. “Kami sengaja memberikan sesuai dengan kebutuhan dari pengungsi,” pungkasnya. 017

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Pariwisata Rugi Rp9 Triliun

  • 05/11/2018 pada 2:42 PM
    Permalink

    Barcelona ‘announced’ the signing of Angel Di Maria from Paris Saint-Germain in the early hours of Wednesday morning after their official Twitter account was hacked. Barcelona ‘announce’ signing of Angel Di Maria from PSG after their official Twitter account is hacked by security group OurMine

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!