Pantau Ibu Hamil Via Aplikasi

posbali.id

Dr. Hendra Raih Penghargaan sebagai Dokter Teladan

 

PRESTASI membanggakan ditorehkan dr. Gede Hendra Wijaya, dokter umum asal Jembrana dengan menyabet predikat sebagai dokter teladan tingkat Provinsi Bali tahun 2016.

Keberhasilannnya meraih juara pertama pada pemilihan dokter teladan tingkat Provinsi Bali beberapa waktu lalu, setelah mengikuti beberapa tahap seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi. Selanjutnya selama sepekan ke depan, 14-21 agustus 2016 akan mengikuti seleksi lanjutan tingkat nasional, sekaligus mengikuti serangkaian kegiatan HUT Proklamasi RI di Istana Negara Jakarta. Prestasi yang sama juga diikuti Putu Sukadana dari Puskesmas I Melaya, yang terpilih sebagai perawat teladan tingkat Provinsi Bali.

Dokter Hendra mengatakan, inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat aplikasi yang bisa memantau perkembangan ibu hamil di wilayahnya. Yakni Kelurahan Gilimanuk. Melalui aplikasi ini bisa diketahui data base ibu hamil yang tercatat 80 orang, bagaimana perkembangan kesehatannya termasuk kapan semestinya jadwal kontrol kehamilan berikutnya. Dengan menggunakan aplikasi, petugas kesehatan bekerja sama dengan bidan maupun dokter terkait, juga akan mencatat berbagai faktor risiko yang dimiliki si ibu, seperti anemia maupun tensi tinggi.

Keduanya merupakan salah satu faktor yang dianggap membahayakan bagi persalinan ibu hamil. Menariknya pula, si ibu juga bisa mengakses data tersebut setelah mendapatkan user maupun password melalui HP-nya masing-masing. “ Ide awalnya karena kita ingin meminimalisir kematian ibu dan anak dalam proses persalinan melalui tindakan preventif,” tuturnya.

Dokter Hendra mengatakan, apabila ada ibu hamil yang telat memeriksakan diri, petugas Puskesmas bisa mengingatkan termasuk melakukan penjemputan langsung ke rumah apabila ditemukan faktor risiko kehamilan yang bermasalah. ‘’Aplikasi ini juga bagian upaya untuk mendukung program pemerintah KIA (kesehatan ibu anak) Mantap,  yang meliputi pemeriksaan, layanan antar jemput pasien, serta pemetaan kehamilan bermasalah,’’ tambahnya.

Sementara Bupati Jembrana, I Putu Artha mengatakan, pihaknya bangga atas prestasi dr. Hendra yang terpilih menjadi juara pertama dokter teladan tingkat Provinsi Bali, serta Putu Sukadana yang terpilih sebagai perawat teladan tingkat Provinsi Bali. ”Terpilihnya staf kita sebagai dokter dan perawat teladan tingkat Provinsi Bali merupakan suatu kebanggaan bagi Kabupaten Jembrana dan masyarakat di daerah ini, dengan harapan bisa menjadi inspirasi bagi petugas lainnya. Pengabdian dan prestasi yang telah ditunjukkan ini hendaknya perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Sehingga, prestasi yang diraih bisa menjadi contoh untuk tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan masyrakat,’’ pungkasnya. ***/man

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!