Panggung Tak Ada Akses untuk Disabilitas Kursi Roda -Sekda Bali Ingatkan Kadis Sosial

posbali.id

DENPASAR, posbali.id – Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengingatkan Kadis Sosial Provinsi Bali terkait panggung yang dibangun tidak membuatkan akses bagi penyandang disabilitas, khususnya bagi yang menggunakan kursi roda, sehingga saat akan naik ke panggung untuk menerima hadiah, terpaksa harus digotong.

“Kadang-kadang kita lupa, seperti tadi di panggung naik (saat menerima piala, red), padahal itu pakai kursi roda. Itu terlupa, bukan disengaja. Itu sudah saya ingetin Kadis Sosialnya,” kata Sekda seusai menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Dinas Sosial Provinsi Bali, Senin (3/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Dewa Indra juga mengingatkan, perkantoran pemerintahan wajib menyediakan akses bagi penyandang disabilitas, sehingga memudahkan dalam hal memberikan pelayanan.

“Akses ini untuk memudahkan mereka untuk memasuki perkantoran instansi pemerintahan dalam hal mendapatkan pelayanan,” jelas Dewa Indra.

Begitu juga dengan penerimaan karyawan, lanjut Sekda, tidak boleh ada diskriminasi. Sepanjang penyandang disabilitas memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sama, harus diberikan hak yang sama juga.

“Kemarin saat penerimaan CPNS, kita juga tetap memberikan mereka formasi dibeberapa kompetensi. Tapi, ada yang melamar dan ada yang tidak melamar. Artinya mereka masih ada yang belum memanfaatkan kesempatan itu. Mungkin mereka mempunyai beberapa pertimbangan,” tandasnya. alt

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!