Padang Kerta Dinilai Tim Provinsi Bali

posbali.id

Wakili Karangasem dalam Lomba Kelurahan

 

KELURAHAN Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem dinilai Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Provinsi Bali tahun 2017. Kelurahan Padang Kerta mewakili Kabupaten Karangasem dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali tahun 2017.

Perlombaan ini bertujuan untuk memberikan gambaran konkret tentang sejauh mana program-program pembangunan dapat diimplementasikan, dimanfaatkan, dan dilestarikan oleh masyarakat kelurahan. Rombongan Tim Penilai Provinsi Bali berjumlah 17 orang, dipimpin perwakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bali,  Made Redy Yuliarmawan. Rombongan diterima oleh Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa di Aula Balai Masyarakat Padangkerta, Karangasem, Senin (29/5).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Bali, para Kepala OPD terkait di jajaran Pemkab. Karangasem,  Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Karangasem, Camat Karangasem beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kec. Karangasem, Lurah Padang Kerta, dan para perbekel se-Kecamatan Karangasem serta tokoh masyarakat Padang Kerta.

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa saat membacakan sambutan Bupati Karangasem menyampaikan, kegiatan evaluasi perkembangan kelurahan merupakan evaluasi kinerja terutama mengenai manajemen pengelolaan kelurahan yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan keswadayaan khususnya di Kelurahan Padangkerta. “Dengan semakin meningkat dan kompleksnya permasalahan yang dihadapi khususnya di tingkat kelurahan, kita dituntut lebih meningkatkan kemampuan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian yang dilandasi oleh disiplin dan rasa tanggung jawab serta semangat pengabdian yang tinggi dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, sehingga persoalan kemiskinan yang menjadi isu utama dalam pembangunan sosial ekonomi di Kabupaten Karangasem dapat dipecahkan,” ujarnya.

Artha Dipa pun berharap agar ke depannya dalam pelaksanaan manajemen pemerintahan, baik tata kelola pemerintahan maupun pelaksanaan pembangunan, senantiasa memperhatikan peraturan perundang-undangan yang ada serta mengutamakan mekanisme partisipasi dan demokrasi dalam pengambilan keputusan. “Sehingga nantinya, pembangunan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat bisa diimplementasikan secara baik demi pencapaian visi Kabupaten Karangasem yaitu, Cerdas, Bersih, dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana,” katanya.

Pada kesempatan itu, Artha Dipa menekankan kepada Lurah Padang Kerta beserta perangkatnya bahwa kegiatan ini menjadi sumber inspirasi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. “Jadilah motor penggerak untuk mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan yang adil, obyektif, dan cermat,” imbuhnya.

Ketua Tim Penilai Provinsi Bali, Made Redy Yuliarmawan menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu instrumen dalam mengevaluasi keberhasilan pembangunan yang sekaligus sebagai tolok ukur atas capaian program dalam pembangunan kelurahan. “Partisipasi serta keswadayaan masyarakat dijadikan sebagai piranti dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat mengakselerasi pembangunan nasional dan Nawacita Bapak Presiden, dimana pada bagian ke-3 menyebutkan, membangun Indonesia dari pinggiran dengan mengembangkan potensi dan pemberdayaan masyarakat desa/ kelurahan,” tutupnya. str/adv

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Padang Kerta Dinilai Tim Provinsi Bali

  • 07/11/2018 pada 9:34 AM
    Permalink

    Wolves boss Nuno Espirito Santo will refuse to ditch his philosophy in order to upset Manchester City. The Premier League new boys host the champions at Molineux on Saturday. ‘We will not change because we want to build something’: Nuno Espirito Santo refuses to compromise beliefs for visit of champions Manchester City

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!