Nusa Penida Masuk Kategori Pulau Kecil Terluar

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI – Menjadi pulau terluar, Kecamatan Nusa Penida perlu mendapat pengawasan yang tinggi. Mengingat setiap celah kapal bersandar akan menjadi pintu masuk ke pulau tersebut. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki ribuan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Beberapa diantaranya merupakan Pulau Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang memiliki nilai sangat strategis, karena batas negara ditentukan dari titik terluar pulau ini.

Melihat latar belakang itu, Kabupaten Klungkung sebagai salah satu kabupaten yang memiliki wilayah kepulauan perlu mendapat perhatian dan pengawasan dan dikelola secara serius agar tidak menimbulkan permasalahan yang dapat mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sesuai lampiran Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau Pulau Kecil Terluar, Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung termasuk salah satu pulau terluar dari 111 PPKT se-Indonesia. Dimana pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dengan titik koordinat 08° 49’11” Lintang Selatan dan 115° 35’13” Bujur Timur.

“Jadi PPKT ini perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam arti bahwa pembangunan infrastruktur harus memperhatikan keterkaitan secara fungsional dengan PPKT,” demikian yang disampaikan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta usai mengikuti koordinasi tentang PPKT di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (14/11).022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!