Muslim dan Suku Jawa Lebih Banyak Pilih Mantra-Kertha, koster-Ace Tetap Unggul

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID- Ada yang menarik dari rilis hasil survei Pilgub Bali yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting, Senin (11/6). Ternyata paslon 2 Mantra-Kerta lebih banyak dipilih oleh warga suku jawa dan umat muslim, sedangkan paslon 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) unggul pada kelompok pemilih beragama Hindu, serta pada kelompok etnis Bali.

Deni Irvani, Direktur Riset Saiful Mujani Research & Consulting kepada wartawan, di Denpasar, Senin (11/6) memaparkan, paslon 2 unggul pada kelompok pemilih beragama Islam, dan etnis Jawa, sedangkan paslon 1 lebih banyak dipilih warga lokal dan suku selain jawa serta beragama hindu.

“Wayan Koster-Tjok Oka Sukawati unggul pada pemilih beragama Hindu dan pada kelompok etnis Bali, sedangkan paslon 2 unggul pada kelompok pemilih beragama Islam, dan etnis Jawa,”katanya.

Kesimpulan survei, jika pemilihan langsung gubernur Bali diadakan saat survei berlangsung, pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendapat dukungan 48,3%, sementara Mantra –Kertha mendapat dukungan 26,9%. Yang belum tahu sekitar 24,8%. Selisih dukungan kedua pasangan sekitar 21,4%.

survei dilakukan dengan sampel 820 orang, kepada warga Negara Indonesia (WNI) di Provinsi Bali yang sudah memiliki hak pilih. Dengan metode multistage random sampling Desa/kelurahan di tingkat Kecamatan dipilih dengan jumlah proporsional, dan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±3,5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.(*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!