Menguat, Wacana Usung Paket Kader di Internal PDIP

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Provinsi Bali Wayan Sutena mengakui ada dorongan dari internal PDIP untuk mengusung kader sendiri sebagai pasangan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) pada pemilihan gubernur (Pilgub) Bali mendatang. “Ada aspirasi dari bawah untuk mengusung kader-kader,” ujar Sutena saat dihubungi POS BALI, Senin (8/8).

Menurut dia, aspirasi itu sangat wajar karena PDIP banyak memiliki kader potensial untuk dijadikan pasangan kepala daerah yang siap bertarung pada Pilgub yang akan digelar tahun 2018. Hanya saja ia menolak siapa kader yang akan diplot jadi cagub dan jadi cawagub. “Kita punya banyak kader potensial, ada pak Koster, Adi Wiryatama, Puspayoga, Rai Mantra, Sudirta, dan lainnya. Siapa yang akan jadi calon gubernur atau calon wakilnya itu keputusan DPP. PDIP ada mekanismenya,” katanya.

Kendati demikian, aspirasi para kader itu bukan harga mati. Aspirasi itu hanya menjadi pertimbangan oleh DPP PDIP untuk menentukan pasangan cagub Bali mendatang. Masih terbuka peluang adanya paket kader-non kader. Apalagi belakangan ini sudah ada parpol yang menjajaki koalisi dengan PDIP, dengan meminta jatah cawagub. Tapi PDIP Bali tidak serta menerima ajakan koalisi, ataupun menjadikan paket kader-kadee harga mati. “Nanti akan diajukan empat calon gubernur dan empat calon wakil gubernur ke DPP. PDIP ada mekanisme, calon melamar atau dilamar oleh DPP,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Dewan Pertimbangan Daerah DPD PDIP Bali I Nyoman Adi Wiryatama mewacanakan partainya mengusung duet kader-kader. Pemetaan politik di Bali memungkin PDIP untuk mengusung kader-kader. Mantan bupati Tabanan dua periode ini menempatkan ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster sebagai cagub. Koster sendiri sudah mendapat dukungan dari DPC PDIP seluruh Bali, kecuali Kota Denpasar yang belum menentukan sikapnya. Adapaun posisi cawagub, Adi Wiryatama mendorong Koster untuk berduet dengan I Nyoman Parta. Parta adalah Ketua Komisi IV DPRD Bali dari Dapil Gianyar, yang meraih suara terbanyak kedua setelah Adi Wiryatama pada Pileg 2014. Adi Wiryatama sendiri menolak untuk ikut bertarung pada Pilgub mendatang. Ia fokus menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD Bali.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan sebelumnya saat Rakercab DPC PDIP di sejumlah kabupaten/Kota di Bali, Koster sudah menegaskan untuk mengusung kader-kader. Koster sendiri sudah membulatkan tekadnya menjadi cagub Bali. Karena itu, ia mengajal seluruh kader PDIP di seluruh Bali bekerja keras memenangkan Pilgub Bali. Ia meminta kader PDIP untuk menghindari manuver destruktif terhadap PDIP. 010

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!