Masyarakat Pengangguran di Desa Dawan Kaler Dapatkan Pekerjaan

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI – Pemberdayaan masyarakat Desa yang menganggur nampaknya mulai dilibatkan dalam kegiatan penyerapan tenaga kerja dengan Pola Padat Karya Tahun 2017 di Dusun Pasekan, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan Klungkung, Selasa (14/11).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya melaporkan pada kegiatan padat karya ini merupakan jenis kegiatan padat karya infrastruktur, dengan sasarannya yakni tersedianya infrastruktur sederhana untuk menunjang kegiatan sosial ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat pengangguran, setengah menganggur, dan masyarakat miskin dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Manfaat dari padat karya infrastruktur ini yakni untuk memperlancar sosial ekonomi, juga sebagai akses menuju Pura Bukit Lingga. Disisi lain, tenaga kerja yang terlibat sebanyak 88 orang,  80 pengayah atau tenaga pembantu terdiri dari perempuan 18 orang dan sisanya laki-laki berjumlah 62 orang dengan upah kerja Rp 80.000 per hari, dengan durasi bekerja selama 8 jam, tukang 4 orang dengan upah Rp 85.000 per hari dan ketua kelompok 4 orang dengan upah Rp 90.000 per hari. “Kegiatan Padat Karya Infrastruktur ini dilaksanakan selama 20 hari,” ujar Kusumajaya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wabup Klungkung Made Kasta yang hadir dalam kegiatan itu berharap kegiatan ini dapat membantu pemberdayaan masyarakat yang tidak bekerja bisa dijadikan tenaga kerja pada Padat Karya Infrastruktur dan dibayar dengan layak. Bupati Klungkung merasa bangga dan senang dengan masyarakat di Desa Pekraman Dawan karena bisa menikmati kebersamaan dan menunjukkan kekompakan dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama, sesuai dengan pengertian slogan aksi Gema Santi.022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!