Masyarakat material Science Diminta Ikut Bantu Wujudkan Pola Pembangunan Berkelanjutan Ramah Lingkungan

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Seiring dengan pola pembangunan berkelanjutan yang saat ini digaungkan Dunia, Asia dan Indonesia, konsep pembangunan yang green (ramah lingkungan) menjadi suatu keharusan dilaksanakan. Untuk itu masyarakat material science diminta untuk ikut berpartisipasi untuk mewujudkan hal tersebut, dimana salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan mulai mengadopsi bahan material yang bersahabat dengan alam atau mudah untuk didaur ulang. “Saya berharap masyarakat science kita bisa mendukung konsep pembangunan yang berkelanjutan ini. Sebab kita (Indonesia) memiliki komitmen mensukseskan Paris Agreement. Yaitu mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 29 persen sampai 2030, tentunya ini perlu diperkuat oleh berbagai pihak,”terang Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Sri Adiningsih disela-sela acara 19th International Conference in Asia-International Union of Materials Research Societies (ICA-IUMRS), Rabu (31/10).

 

Untuk mewujudkan pembangunan berkesinambungan yang ramah lingkungan, diakuinya Indonesia sudah bekerja keras untuk itu. Salah satunya melalui penciptaan kota hijau, dengan audit proper pada perusahaan-perusahaan yang sudah swlama 15an tahun diaudit, serta menggunakan energi terbarukan serta mengurangi kebakaran di pulau Sumatera dan Kalimantan. Melalui 19th International Conference in Asia-International Union of Materials Research Societies (ICA-IUMRS), konferensi internasional ini bisa menghasilkan capaian signfikan, diantaranya soal realisasi green technology. masyarakat material sains pun diminta merumuskan roadmap dari implementasi green technology dalam mendukung pembangunan bekelanjutan. “Kita harap kegiatan ini berhasil mencari rencana kerja dan juga aksi konkrit, bagaimana green technology itu bisa dihasilkan dari seminar ini yang bisa menjadi komitmen masyarakat material sains, agar supaya ikut mendukung pembangunan berkelanjutan dan yang tentunya mengurangi emisi gas rumah kaca, dan mengurangi yang merusak lingkungan,”harapnya.

 

Sementara President MRS-Indonesia, Prof. Evvy Kartini menerangkan 19th International Conference in Asia-International Union of Materials Research Societies (ICA-IUMRS), dihadiri 300 partisipan, dan 40 pembicara dari 20 negara. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para ahli dari berbagai latar belakang, baik dibidang energi, kesehatan, lingkungan, dan aplikasi nuklir. Banyak hal dibahas terkait dengan perkembangan material sains di dunia yang bisa dimanfaatkn Indonesia, untuk mendukung terwujudnya program pembangunan berkelanjutan. “Banyak material sains yang kini sedang menjadi trend, semisal energi electric vehicle berbasis energi baru terbarukan, dan materi lithium battery. Bahkan kita berdiskusi teknologi masa depan industri 4.0, dimana basisnya itu semua menggunakan material seperti vensor, device, robot,”papar Evvy.

 

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Djarot S. Wisnubroto selaku salah satu pembicara menerangkan, banyak hal bisa ditekankan secara implementatif dari kaitan nuklir dengan material, misalnya untuk baterai atau untuk magnet. Pihaknya secara internal bahkan sudah mengembangkan beberapa teknologi baru berbasis aplikasi nuklir. Salah satunya smart magnet yang bisa diaplikasikan kedalam Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut. “Smart magnet itu membantu TNI AL membuat semacam kapal yang tidak bisa terdeteksi radar. Jadi yang praktis-praktis seperti itu akan kita laksanakan terus-menerus ke masyarakat,”ujar Djarot. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Masyarakat material Science Diminta Ikut Bantu Wujudkan Pola Pembangunan Berkelanjutan Ramah Lingkungan

  • 02/11/2018 pada 2:31 PM
    Permalink

    Hi! I know this is somewhat off topic but I was wondering
    if you knew where I could find a captcha plugin for my comment form?
    I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one?
    Thanks a lot!

    White race (Gretta)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!