Masyarakat Diimbau Selesaikan Sengketa ke LAPS

posbali.id

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat untuk menyelesaikan sengketa/kasus di Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), apabila sengketa/kasus tersebut tidak dapat diselesaikan oleh pelaku usaha jasa keuangan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk meneruskan kasusnya ke LAPS karena lebih cepat, lebih murah, bahkan ada yang tanpa biaya, serta independen,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S Soetiono saat Workshop LAPS di Jakarta, Kamis (11/8) kemarin.

Sejak diberikan amanat dalam UU OJK untuk memfasilitasi penanganan pengaduan konsumen keuangan, OJK menerapkan tahapan sebagai berikut. Pertama adalah penanganan Internal Dispute Resolution (IDR), yakni kewajiban PUJK menyelesaikan penanganan pengaduan konsumennya melalui penyediaan fungsi atau unit penanganan pengaduan yang dilengkapi dengan SDM yang kompeten, SOP dan Standar Waktu Penyelesaian serta komunikasi yang baik.

OJK bersama Industri jasa keuangan sejak Semester II 2016 ini menyusun Standar IDR yang akan diberlakukan di sektor perbankan, Asuransi dan Perusahaan Pembiayaan.

Kedua, jika masih ada ketidaksepakatan atas penanganan PUJK, maka konsumen memiliki saluran untuk menyelesaikannya dengan External Dispute Resolution (EDR) melalui OJK dan LAPS. OJK akan melayani jika merupakan kerugian fi nansial yang langsung, nilainya dibatasi agar difokuskan kepada konsumen keuangan kecil, sifat fasilitasi yang dilakukan melalui proses verifi kasi, dan klarifi kasi kepada dua belah pihak baik secara terpisah maupun bersama. ant

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!