LPD Tuban Bagikan 1,8 Ton Daging Babi

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Tuban kembali melaksanakan program rutinnya jelang perayaan Galungan dan Kuningan, Senin (30/10), di halaman Gedung Serba Guna LPD Tuban. Program tersebut berupa pembagian daging babi kepada seluruh nasabah yang notabene adalah krama Desa Adat Tuban sendiri.

 

Pada periode kali ini, total terdapat 1,8 ton daging babi yang dibagikan kepada 650 krama. Sehingga masing-masing krama mendapat bagian daging seberat 3 kilogram. Dan untuk diketahui, pembagian tersebut juga disaksikan secara langsung oleh Bendesa Adat Tuban serta prajuru, kelihan banjar adat dan dinas Pesalakan Tuban dan Tuban Griya.

 

Kepala LPD Tuban Made Ariyasa menuturkan, kegiatan pembagian daging babi ini sebenarnya memiliki dua makna. Pertama tentunya untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan yadnya. Sementara ke dua, sebagai wujud ucapan terimakasih kami kepada masyarakat khususnya para nasabah, karena selama ini telah menggunakan produk-produk dan jasa layanan yang disediakan oleh LPD Tuban. Seperti melakukan penyimpanan dana, melakukan peminjaman atau kredit, serta menggunakan jasa lain seperti membayar listrik ataupun telepon. “Karena kami sangat menyadari, tumbuh kembangnya LPD Tuban sampai saat ini, tidak lain adalah berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat sendiri,” sebutnya.

 

Karena itulah maka kegiatan pembagian daging babi sebenarnya tidak ubahnya sebagai langkah pengembalian laba kepada masyarakat. Hanya saja itu dilakukan dalam bentuk program kerja, yakni pembagian daging babi. “Kami harap, dukungan yang telah diberikan selama ini dapat terus ditingkatkan sehingga program-program kerja LPD ke depan dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan,” harapnya.

 

Sementara Bendesa Adat Tuban Wayan Mendra menegaskan, pihaknya di desa adat pada dasarnya memang memiliki komitmen kuat untuk menjadikan pembagian daging babi sebagai agenda rutin jelang perayaan Galungan dan Kuningan. Terlebih, itu juga merupakan wujud nyata dari swadharma dirinya selaku bendesa adat, dalam hal kesejahteraan masyarakat dan pelestarian adat budaya. “Melalui pembagian daging babi ini, kami ingin melestarikan budaya,” singkatnya.

 

Karenanya, dirinya mengaku sangat mengapresiasi langkah LPD Tuban, yang tetap berupaya melaksanakan program itu secara berkesinambungan. Dan itu diharapkan bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. “Selamat hari raya kepada seluruh umat sedharma. Semoga Galungan ini bisa selalu dimaknai sebagai rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas kemenangan dharma. Mari kita mulat sarira,” tutupnya. 023/ADV
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *