Lomba Ogoh-Ogoh 2018, Badung Beri Rp23 Juta untuk Pembuatan dan Rp15 Juta untuk Hadiah

MANGUPURA, POS BALI – Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung kembali menggelar lomba  Ogoh-ogoh menyambut hari suci Nyepi tahun 2018. Masing-masing Seka Truna (ST) dibekali Rp23 juta untuk pembuatan boneka raksasa dalam wujud butakala ini.

“Lomba dalam rangka meningkatkan kreativitas pemuda dalam hal ini seka truna di Kabupaten Badung,” kata Kapala Disbud Badung, Ida Bagus Anom Bhasma, Rabu (6/12).

Ada pun kreteria lomba, jelas Anom Bhasma, ogoh-ogoh yang dibuat wajib berwujud butakala, keutuhan karya, tinggi maksimal 5 meter, tidak bermuatan politik, tidak porno dan tidak mengandung Sara. “Yang terpenting lagi menggunakan bahan yang ramah lingkungan, seperti bambu, kayu, guwungan, rotan, gedeg, dan tanpa menggunakan sterofoam atau gabus,” jelasnya.

Pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa uang tunai, juara I Rp15 juta, juara II Rp12 juta dan juara 10 juta. Kemudian untuk juara harapan satu hingga tiga masing-masing Rp5 juta. Pemenang masing-masing dipotong pajak 15 persen.

Selain itu, masing-masing ST, kata Anom Bhasma, diberikan dana partisipasi sebagai peserta lomba sebesar Rp23 juta dengan potong pajak 15 persen, sehingga total yang diterima Rp20 juta. Kelengkapan administrasi peserta lomba paling lambat tanggal 22 Desember 2017, di Kantor Dinas Kebudayaan pada Bagian Seksi Adat. Kelengkapan tersebut, yakni, foto copy rekening BPD atas nama Seka Truna, foto copy KTP Ketua ST, susunan kepengurusan ST, Pengesahan lembaga, dan hari ulang tahun ST. 020

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *