Lomba Ngejuk Kucit Hingga Tari Rejeng, Cara Bunda Putri Menangkan Koster-Ace dan BAGIA

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI.ID- Istri calon gubernur Bali Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini, punya cara tersendiri menarik dukungan warga untuk memilih Wayan Koster dan pasangannya, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace), pada Pilgub Bali yang dilaksanakan 27 Juni mendatang.

Putri Suastini yang akrab disapa Bunda Putri, belakangan ini intens turun menemui berbagai kelompok masyarakat di Bali. Ia melakukan itu tidak hanya saat mendampingi Koster saat menggelar kampanye dialogis dengan masyarakat. Dengan rombongannya sendiri, Bunda Putri sering turun menemui warga di berbagai tempat di Bali.

Bunda Putri menggunakan pendekatan budaya setiap kali bertemu kelompok masyarakat tersebut. Hal ini bukan saja karena sang suami punya komitmen untuk memajukan adat, budaya dan seni, tapi juga karena Bunda Putri memiliki passion tersendiri di bidang seni dan budaya. Ia puluhan tahun malang melintang sebagai pekerja seni. Kiprahnya tidak hanya di Bali, tapi juga di tingkat nasional.

Dalam beberapa kesempatan belakangan ini, Bunda Putri banyak menemui kelompok perempuan hingga di pelosok daerah di Bali. Saat berbaur bersama mereka, Bunda Putri biasanya membacakan puisi, menari bersama, latihan tata rias dan kegiatan lainnya. Cara inilah yang digunakannnya untuk mendekatkan Koster-Ace dengan masyarakat, dan pada saat yang sama menggalang dukungan mereka untuk satu jalur mendukung dan memilih Koster-Ace.

Pendekatan itu juga yang digunakan Bunda Putri saat bertemu Ibu-ibu PKK di sejumlah banjar di Kecamatan Klungkung, kabupaten Klungkung, Selasa (17/4/2018). Di antaranya Banjar Pande, Banjar Gunung Niang, Banjar Lebah, Banjar Mregan, Banjar Pekandelan, dan Banjar Kampung Jawa.

Lomba Ngejuk Kucit
Kedatangan Bunda Putri yang didampingi Tim Pemenangan Koster Ace Provinsi Bali Desak Ayu Putu Sri Wigunawati, disambut antusias Klian Banjar dan ibu-ibu PKK di sana.Layaknya acara dihadiri ibu-ibu, suasana pertemuam Bunda Putri dengan ibu-ibu PKK itu berlangsung dalam suasana santai dan hangat sehingga semakin menambah keakraban suasana.

Pada kesempatan itu, selain memperkenalkan Koster-Ace, Bunda Putri juga memperkenakkan dan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka dan Ketut Mandia (BAGIA). Bunda Putri dengan kerendahan hati mengharapkan dukungan Ibu-ibu PKK untuk memenangkan Koster Ade dan BAGIA pada Pilkada serentak 27 juni 2018.

Acara selanjutnya, seperti yang biasa dilakukan Bunda Putri saat bertemu ibu-ibu di daerah lainnya, kesempatan itu juga digunakannya untuk latihan tari rejang, tata rias dan hingga sanggul bersama ratusan ibu-ibu yang hadir pada kesempatan itu.

Tak hanya itu, ada kegiatan menarik lainnya, yang merupakan bagian dari tradisi yang ada di Bali. Bersama ibu-ibu PKK tersebut, Bunda Putri membuat lomba Ngejuk Kucit (menangkap anak babi). Dengan gesit dan lincah ibu-ibu PKK tampak bersemangat untuk menangkap anak babi. Suasana lomba tampak meriah.

Bunda Putri mengaku senang dengan semangat ibu-ibu PKK dalam mengikuti lomba tersebut. “Respon ibu-ibu PKK sangat antusias dan perempuan Bali sungguh sangat tangguh, kuat dan cekatan ngejuk kucit,” ucap Bunda Putri disambut tepuk tangan hadirin.

Ia juga apresiasi atas semangat ibu-ibu tersebut dalam menyambut Pilkada serentak mendatang. Bunda Putri menegaskan bahwa hal itu menandakan perempuan Bali mampu dan tangguh di segala bidang.

Setelah mengikuti semua rangkaian kegiatan, di penghujung acara, ibu-ibu PKK menyatakan siap mendukung dan memenangkan Koster Ace sebagai Gubernur dan Wakil GUbernur Bali, serta siap memenangkan pasangan calon BAGIA sebagai Bupati dan Wakil Bupati klungkung. Koster-Ace dan BAGIA merupakan pasangan calon Satu Jalur yang diusung PDI perjuangan dalam Pilkada Serentak 2018.(*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!