Libur Panjang, Persediaan Darah UTD PMI Bali Masih Cukup

posbali.id
UTD PMI Bali – RSUP Sanglah Denpasar (POS BALI/ERI)
DENPASAR, POSBALI.ID – Meski mengalami penurunan angka pelaksanaan donor darah akibat libur panjang Idul Fitri 1439 H, persedian kantong darah di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bali-RSUP Sanglah Denpasar terkonfirmasi masih tercukupi untuk beberapa hari ke depan. Saat ini tercatat ada 471 kantong darah yang siap digunakan.
“Itu terdiri dari 71 kantong darah golongan A, 211 kantong darah golongan B, 142 kantong darah golongan O, dan 48 kantong darah golongan AB,” ungkap Koordinator Pencaharian Donor Darah Sukarela UTD PMI Provinsi Bali, Made Geria Arnita, Rabu (13/6).
Untuk memenuhi kebutuhan darah yang rata-rata mencapai sekitar 120 kantong per hari, pihaknya pun akan mengadakan donor darah di berbagai tempat selama empat hari dari Kamis (14/6) hingga Minggu (17/6). Selama empat hari tersebut ditargetkan pihaknya mendapat darah sebanyak 100 kantong.
“Pada saat libur panjang ini kebutuhan darah biasanya memang mengalami penurunan. Biasanya, kegiatan tindakan operasi berencana akan dibatasi karena libur panjang. Pada hari-hari normal kebutuhan darah biasanya mencapai rata rata 120 kantong per hari, itu dapat kami penuhi dari donor darah sukarela 98 persen,” jelasnya.
Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut PMI se-Bali dinyatakan akan selalu siap. Pihaknya mengaku akan bekerja sama dengan kelompok donor sukarela yang ada, seperti di gereja-gereja, masjid, sekolah-sekolah, kelompok swasta, kelompok banjar, dan lain sebagainya. Disamping itu, donor darah sukarela yang datang langsung secara perorangan ke PMI juga sangat diharapkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
“Besok (hari ini, red) ada donor sukarela yang datang ke UTD PMI Bali kira-kira sekitar 40 orang, kemudian ada juga ngambil di Hotel Alila sebanyak 50 kantong,” katanya.
Geria berharap masyarakat umum dapat turut berpartisipasi dalam upaya memenuhi kebutuhan darah. “Perkiraannya stok darah dan kebutuhan darah akan normal kembali setelah tanggal 20 juni 2018,” pungkasnya. eri
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!