Kutuh masuk nominasi Ista 2018

posbali.id
Bunda dan LPD dinilai sangatlah berperan dalam perkembangan Kawasan Wisata Pantai Pandawa

MANGUPURA, POS BALI – Desa Adat Kutuh melalui pengelolaan DTW Pantai Pandawa, tahun ini masuk sebagai salah satu nominasi dalam Indonesia Suistainable Tourism Award (ISTA) dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Dimana konsep pengelolaan Wisata Pantai Pandawa sebagai model implementasi kearifan lokal untuk pariwisata berkelanjutan, membuat Desa Adat Kutuh selaku pengelola pantai Pandawa, bersaing dengan pengelolaan ITDC dan pengelolaan Taman Nasional Bali Barat. Hal tersebut juga menjadikan Kutuh sebagai satu-satunya Desa Adat yang bersaing memperebutkan ISTA 2018.

 

Selaku juri kehormatan ISTA 2018, Mari Elka Pangestu secara langsung mengapresiasi, pengelolaan Pantai Pandawa oleh  Desa Adat Kutuh. Pasalnya perkembangan Wisata Pantai Pandawa cukup pesat, di bawah kelola yang terbilang cukup baik dan profesional. Dibandingkan dengan pengalaman kunjungannya lima tahun silam. Pada dasarnya, terdapat dua hal yang diacungi jempol oleh mantan Menteri Perdagangan RI, terhadap pengelolaan Kawasan Wisata Pantai Pandawa. Yaitu Baga Utsaha Manunggal Desa Adat (BUMDA) dan Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Sebab keberadaan dua lembaga adat tersebut sangatlah berperan dalam perkembangan Kawasan Wisata Pantai Pandawa, dilihat dari sisi ekonomi bisnisnya. “Saya lihat mereka (Kutuh) sudah secara baik mencoba menggabungkan hukum adat dengan aspek modern dari segi profesional management. Termasuk dengan memasukkan upaya audit di dalamnya,”terang Mari Elka, disela-sela melakukan visitasi bersama tim, Jumat (12/10).

 

Disisi lain Pantai Pandawa juga dinilainya masih memiliki sejumlah PR, seperti penyelesaian fisik dan lain sebagainya. Namun terlepas dari itu, proses pengelolaannya dinilai sudah menuju ke arah yang benar. Untuk meningkatkan standar wisata di Kawasan Pantai Pandawa, pihak pengelola diharapkan mampu menampung dan merealisasikan lebih banyak masukan dari para pengunjung. Mengingat jenis pengunjung ke Pantai Pandawa memiliki level yang beragam. Namun tentunya penguasaan bahasa juga dinilainya perlu ditingkatkan, seiring beragamnya wisatawan yang berkunjung ke Pandawa. “Pengelola juga perlu memperhatikan hal-hal kecil secara lebih mendetail, seperti brosur-brosur informasi dan lain sebagainya. Cerita tentang asal-usul kelahiran Pantai Pandawa saya kira juga bisa dikemas dalam promosi. Serta melengkapi kawasan ini dengan tempat-tempat yang instagramable, sebab generasi milenial ini sering mencari spot untuk berfoto,”imbaunya.

 

Ditambahkannya ISTA merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Kemenpar kepada para pengelola destinasi wisata se-Indonesia. Khususnya kepada para pengelola yang terbukti telah menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan (suistainable tourism). Penganugrahan ISTA nanti akan dilaksanakan pada tanggal 8 November 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Dimana Desa Adat Kutuh sudah masuk short list, dari beberapa ratus pengelola obyek wisata. Saat ini diakuinya hanya tinggal 24 yang sudah terjaring, yang nantinua akan ada 17 yang menang.

 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Badung, Made Badra menilai Pantai Pandawa merupakan salah satu obyek wisata terbaik dan favorit di kabupaten Badung. Dimana signature yang ditawarakan adalah pemandangan Pantai yang indah, relief patung Pandawa. Karena itu ia menilai Pantai Pandawa memang sudah selayaknya mendapatkan apresiasi, sehingga hal itu akan membuat masyarakat menjadi termotivasi. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Kutuh masuk nominasi Ista 2018

  • 23/10/2018 pada 5:07 AM
    Permalink

    Restylane乃一系列用於美顏的長效透明質酸產品。 Restylane療程能有效撫平皺紋、美化臉型輪廓及唇部,並可改善膚質及肌膚的彈性。Restylane透明質酸作用原理 Restylane透明質酸均以非動物來源的透明質酸作為原料,獨有的NASHA™專利技術研製而成。微量Restylane透明質酸凝膠到皮膚中,可以讓您的面部肌膚恢復豐盈飽滿。 Restylane透明質酸中的透明質酸與人體內的天然透明質酸十分相似,使用前無需進行皮膚測試,引起過敏反應的機率亦極低。

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!