Kuta terancam kehilangan salah satu TPS 

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Kecamatan Kuta terancam kehilangan salah satu TPSnya, hal tersebut berkaitan dengan ditutupnya TPS VI Tuban yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah di kelurahan Tuban dan Kuta. Itu dikarenakan TPS yang berada di belakang Pura Padang Seni tersebut telah habisnya masa kontraknya dengan pemilik lahan, yaitu Desa Adat Tuban. Sehingga pengelola TPS dalam hal ini adalah DLHK Badung juga tidak bisa melanjutkan pengelolaan TPS tersebut. TPS tersebut akan berakhir masa kontraknya pertanggal 1 Januari 2019. “Memang Desember ini, TPS itu akan ditutup, sebab pemilik tanah yaitu Desa Adat Tuban enggan memperpanjang kontrak penggunaannya sebagai TPS,”ujar Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, Putu Eka Merthawan, Selasa (4/12).

 

Untuk menyikapi hal tersebut, sebagai penanganan jangka panjang, pihaknya menyarankan agar Tuban dan Kuta segera mencarikan lahan alternatif yang bisa digunakan sebagai TPS ataupun stopover. Dimana setiap desa idealnya memang punyai satu stopover, yang tentunya harus terbangun secara rapi. Namun untuk langkah sementara, pihaknya menyarankan agar jasa sampah yang dahulunya menggunakan TPS VI, melakukan penanganan secara total sampai ke TPA Suwung.

 

Disisi lain pihaknya juga mengungkapkan pembuangan sampah di TPA Suwung belakangan ini mengalami kendala. Hal itu disebabkan oleh lambannya sirkulasi pembuangan sampah menuju TPA Suwung, akibat akses pembuangan samah yang licin akibat diguyur hujan. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!