KPU Klungkung Tentukan Jumlah dan Zona APK Pilkada

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI.ID – Maraknya baliho Cabup dan Cawabup Klungkung disertai Cagub dan Cawagub Bali terpasang disepanjang jalan hingga areal publik di masing-masing kecamatan di Kabupaten Klungkung sampai saat ini belum mendapatkan penanganan dari Satpol PP Kabupaten Klungkung selaku penegak Peraturan Daerah. Bahkan Panwaslu Klungkung pun belum berani turun untuk ikut campur menertibkan baliho tersebut, sebelum tahapan kampanye berlangsung dan segala kewenangannya masih ada ditangan Satpol PP Kabupaten Klungkung.

Untuk mencegah terjadinya pemasangan baliho yang amburadul dan tidak sesuai dengan tempatnya disaat tahapan kampanye berlangsung, KPU Klungkung melalui Ketua Made Kariada dan komisioner lainnya sudah merilis kebutuhan zona pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK). Ada 3 zona yang ditetapkan KPU lengkap dengan jumlahnya, yakni zona Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Untuk Kabupaten, KPU Klungkung akan memperbolehkan ada 48 baliho berdiri disetiap kabupaten yang berukuran 4 X 7 meter.

“48 baliho itu kalau dibagi bersumber dari kedua paslon di pilkada klungkung sebanyak 24 dan kedua paslon Pilkada Bali sejumlah 24 atau per paslon masing-masing dapat 12 baliho yang dicetak oleh KPU sejumlah 5 serta dari paslon itu sendiri mencetak 150 persen atau 7 baliho,” tegasnya.

Sementara di Kecamatan, KPU Klungkung juga telah menetapkan jenis APK yang boleh dipasang yakni APK yang berjenis umbul-umbul berukuran 5 X 1,5 meter sejumlah 200. Dimana secara rinci, 200 umbul-umbul itu kalau dibagi bersumber dari kedua paslon Pilbup yang masing-masing 100 umbul-umbul dan kedua paslon Pilgub yang masing-masing jumlahnya 100 atau lebih rincinya per paslon dapat 50 umbul-umbul yang bersumber dari cetakan KPU sebanyak 20 dan cetakan paslon 30. Sedangkan pemasangan APK ditingkat Desa, KPU Klungkung sudah memastikan per desa itu akan ada 20 APK jenis spanduk berukuran 1,5 X 7 meter.

“Setiap kedua paslon pilkada dan pilgub akan diperbolehkan memasang spanduk masing-masing sebanyak 5 yang bersumber dari cetakan KPU klungkung 2 dan cetakan paslon sejumlah 3,” jelasnya, Rabu (31/1).

Mengenai anggaran pencetakan APK yang disediakan KPU Klungkung, Made Kariada menyebutkan tidak jadi masalah untuk Pilkada Klungkung, karena KPU Klungkung sudah bisa mendanai sebesar yang sudah diamanatkan oleh undang-undang, dan juga pasangan calon atau tim kampanye juga bisa mencetak baliho sebanyak 150 persen.

“Tapi untuk Pilgub Bali yang anggarannya Rp 155 milyar itu saya jamin tidak bisa jalan dan KPU RI harus menentukan sikap apakah Pilgub Bali akan ditunda atau bagaimana,” ujarnya seraya menyebut kalaupun ditunda, kita di KPU Klungkung sudah mencantumkan anggaran Rp 9 milyar di Pilgub Bali.022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “KPU Klungkung Tentukan Jumlah dan Zona APK Pilkada

  • 25/11/2018 pada 9:26 AM
    Permalink

    Chelsea midfielder John Obi Mikel is looking forward to lining up alongside £30million signing Cesc Fabregas when he returns to Stamford Bridge after the World Cup. John Obi Mikel says he can’t wait to play alongside Cesc Fabregas and he won’t be leaving Chelsea despite Inter Milan interest

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!