Koster Sembahyang ke Pura Alas Purwo

posbali.id

Dipimpin 2 Pendeta dan 81 Pemangku

 

BANYUWANGI, POS BALI ONLINE – Dr. Ir. Wayan Koster MM, yang mempersiapkan diri menjadi Calon Gubernur (Cagub) Bali melakukan perjalanan spiritual selama dua hari (16-17 Agustus 2016) ke Banyuwangi. Hari Purnama 17 Agsutus 2016 merupakan hari suci bagi Hindu dan bangsa Indonesia, dengan kekuatan Bethara Maharesi.

Perjalanan spiritual dengan melakukan persembahyangan di Pura Blambangan, Pura Tirta Wening (Tirta Bening) ini diakhiri di Pura Situs Alas Purwo dengan dipimpin dua pendeta  didampingi 81 pemangku dari Bali maupun Jawa.

Dalam keterangan persnya, Kamis (18/8) kemarin, Koster mengatakan, sebelumnya tanggal 8 dan 9 Agustus 2016, ia juga melakukan persembahyangan di 12 pura penting di Bali dipimpin Ide Sri Begawan Putra Nata Wangsa.

“Ini semua semata-mata mohon doa restu Ida Sanghyang Widhi Wasa untuk melancarkan perjalanan saya menju Bali-1, yang memang harus dipersiapkan secara niskala dan sekala,” kata Wayan Koster didampingi 150 orang relawan Koster Bali Satu (KBS). Rombongan KBS yang mendampingi Wayan Koster ke sejumlah pura di Banyuwangi ini dipimpin I Wayan Tirta dan I Ketut Golak, SH. KBS berangkat menggunakan tiga bus dan dua mobil kecil.

Dalam melakukan persembahyangan di tiga pura di Banyuwangi, hadir sejumlah tokoh Hindu setempat seperti Ketua PHDI Banyuwangi Suminto, Romo Drs. Yuliono dan pengempon pura tiga tempat itu. Malah di Pura Tirta Wening hadir ratusan umat Hindu Banyuwangi karena bersamaan dengan upacara piodalan.

Pelaksanaan upacara dipuput Ida Pandita Mpu Sadu Ekajaya Prasteka bersama Ida Padande Istri. Sementara pelaksanaan upakara selama di Banyuwangi diatur Jro Mangku I Gusti Gede Ngurah Mendra, yang menjadi Ketua Paiketan Pemangku Tirtayatra Baga Pawana Santi Bali. Sebanyak 81 anggota Paiketan Pemangku tersebut ikut mendoakan Wayan Koster selain dua pendeta dan Romo, supaya sukses menggapai cita-citanya menjadi Cagub Bali dan kelak terpilih sebagai Gubernur Bali dalam pilkada 2018.

Di Pura Tirta Wening, Koster melakukan upacara mejaya-jaya sebelum menuju Situs Pura Alas Purwo. Di dua pura tersebut, Romo Drs. Yuliono melakukan doa dengan cara adat Jawa, yang intinya mendoakan supaya perjalanan Wayan Koster sukses dan berhasil, sekaligus diberikan keselamatan dan kesehatan dalam menuju Bali-1.

Romo tersebut mohon doa restu para leluhur di Jawa yang banyak terkait dengan Bali, supaya memberikan jalan yang terbaik kepada Wayan Koster sehingga kelak menjadi pemimpin Bali yang dapat menghargai dan membina hubungan spiritual antara Bali dan tanah Jawa.

Ketua Relawan KBS Wayan Tirta pada bagian lain mengatakan, pelaksanaan persembahyangan ke pura di Bali dan Jawa ini terkait dengan perjalanan leluhur kita di zaman dulu. Ini dilakukan dengan ikhlas dan penuh kepercayaan. Selain itu, secara sekala akan segera dikembangkan KBS di seluruh Kabupaten/Kota di Bali guna mendampingi kekuatan partai yang sudah sepakat menjadikan Wayan Koster sebagai Cagub Bali di tahun 2018.

Ia sangat bangga dengan perjalanan spiritual melalui kekuatan awal 150 relawan sebab ini sudah berjalan sangat lancar selama dua hari. Relawan KBS sedang mempersiapkan untuk melakukan doa sujud ke Makam Bung Karno di Blitar, selain tetap melakukan persembahyangan ke pura lain di Bali untuk melengkapi kekuatan niskala tersebut. 021/*

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!