Koster dan Sudikerta Juara Survey LSI Tak Mengejutkan

posbali.id

PENGAMAT Sosial dan Politik yang juga Direktur LSM Bali Sruti, Dr. Luh Riniti Rahayu, mengaku tak terkejut dengan survey Lembaga Survey Indonesia (LSI)  yang menempatkan Wayan Koster dan Ketut Sudikerta sebagai tokoh yang sangat dikenal masyarakat Bali menjadi gubernur Bali mendatang. Menurut dia, popularitas Koster dan Sudikerta wajar melejit dalam survey tersebut, sebab keduanya sudah menegaskan sikapnya siap bertarung pada Pilgub Bali tahun 2013.

Pengajar Fisipol Universitas Ngurah Rai Denpasar ini mengatakan, hasil Survey itu bisa saja berbeda jika ada calon lain yang sudah mendeklarasikan diri jadi bakal calon gubernur (bacagub) Bali. “Hasil survey tersebut saya kira wajar-wajar saja, karena baru Koster dan Sudikerta yang mendeklarasikan diri jadi bacagub. Yang lain-lainnya belum. Kalau tokoh yang lainnya sudah ada deklarasi, posisi (hasil survey) bisa saja jadi berbeda,” ujar Riniti di Denpasar, Jumat (12/8).

Koster adalah ketua DPD PDIP Bali, yang sudah tiga periode jadi wakil rakyat di Senayan. Adapun Sudikerta menahkodai DPD Golkar Bali, dan sedang menjabat sebagai wakil gubernur Bali. Kedua tokoh ini sudah mendapat dukungan dari partainya di tingkat daerah, dan sedang menunggu rekomendasi fi nal dari DPP partai masingmasing. Keduanya diwacanakan publik untuk bertarung pada Pilgub. Koster dan Sudikerta dinilai memiliki modal politik yang relatif seimbang untuk bertarung.

Lebih lanjut Riniti mengatakan, hasil Survey tersebut bisa membantu menaikkan elektabilitas Koster dan Sudikerta. “Karena masyarakat menjadi lebih mengenal dan menjadi simpati kepada orang yang punya elektabilitas tertinggi. Atau kita senang bersama para pemenang. Nah berdasarkan hal inilah, wajar bila dari sejak awal para bacagub membuat survey untuk mendongkrak elektabilitasnya,” pungkas Riniti. 010

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!