Ketua Kelompok Nelayan Wanasari Tuban

posbali.id

Jadi Pembicara Ekowisata Mangrove Berbasis Nelayan di Selayar

 

KETUA Kelompok Nelayan Wanasari Tuban, Made Sumasa diundang oleh CCRES dan LIPI (lembaga ilmu pengetahuan Indonesia) menjadi pembicara pada workshop Pengembangan  Ekowisata Mangrove Berbasis Komunitas Nelayan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan dari  tanggal 21-24 Mei. Acara ini diikuti 150 peserta dari masyarakat pesisir. Temanya “Membangun Bisnis Berbasis Pelestarian Sumberdaya Lingkungan Khusus Pesisi”

Manurut Made Sumasa, workshop ini ada empat tahapan. Pertama, mengumpulkan wirausaha Selayar untuk melihat potensi pasar di luar untuk berjejaring secara profesional agar bisa langsung akses pasar ke luar. Kedua, mengumpulkan para pelaku usaha pariwisata, agara model pengembangannya memperhatikan keberlanjutan lingkungan  (edu ecowisata).

Ketiga, mendorong nelayan kecil untuk tetap melestarikan tradisi memancing agar lingkungan mereka lestari. “Namun dengan catatan hasil tangkapan mereka dibeli lebih mahal oleh buyer luar,”kata Made Sumasa saat menghubungi POS BALI dari Selayar, (24/5) lalu. Dan yang keempat lanjutnya adalah membangun komitmen diantara pengusaha perikanan untuk memiliki komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Yang lainnya adalah, manfaat lingkungn yang diberikan secara gratis dari ekosistem terumbu karang, ekosistem padang lamun, ekosistem mangrove, ekosistem pohon kelapa, ekosistem jambu mente yang mesti diperhatikan kelestariannya agar manfaat gratisnya bisa dirasakan secara berkelanjutan.

“Pesan sesungguhnya adalah, potensi besar Selayar, baik dari hasil laut, pertanian dan perkebunan harus dikelola lagi dengan model pemberdayaan masyarakat dengan prinsip; petik, olah, jual,”kata Made Sumasa sembari menjelaskan workshop ini sifatnya mengkolaborasikan semua kepentingan stakeholder, sehingga kerjasama semua pihak sangat diperlukan.

Menurut pengelolah restoran Kampung Kepiting ini, dengan konsep dan kerjasama diatas, masyarakat akan langsung diberi link ke pembeli internasional untuk melakukan konsep berwirausaha.

“Itu pentingnya sinergi semua pihak untuk melestarikan lingkungan pesisir. Dengan demikian, manfaat ekonominya dirasakan masyarakat pesisir dan komunitas nelayan, sepanjang mereka bisa merawat dan melestarikan lingkungan pesisir,”ujar Sumasa. poll

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Ketua Kelompok Nelayan Wanasari Tuban

  • 27/10/2018 pada 9:03 AM
    Permalink

    Endocare Tensage Serum 活肌緊緻再生精華露 – Bicelle, Bioderma, Exuviance, Endocare, iS Clinical, NeoStrata, SkinCeuticals, SkinMedica Endocare Tensage Serum 活肌緊緻再生精華露

    Balas
  • 11/11/2018 pada 7:05 AM
    Permalink

    Avram Grant insisted West Ham had the ‘character to play two games in three days’. But after watching his side draw against Everton, the West Ham boss was forced to reconsider. West Ham 1 Everton 1: Coleman cancels  out Hibbert’s howler as Hammers blow a golden chance

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!