Keren, Polres Lobar Ungkap Empat Kasus Kejahatan Jalanan

posbali.id

LOBAR, POSBALI.ID – Menjelang pelaksanaan Sea Games, antisipasi tindak pidana terus dilakukan jajaran Polri. Di wilayah hukum Polres Lobar, operasi tersebut telah mulai dilakukan, dan menurut Kapolres Lobar AKBP Heri Wahyudi, pihaknya sudah mengungkap empat kasus kejahatan jalanan sejauh ini.

 

Dikonfirmasi, Kamis (12/7), Heri Wahyudi mengakui bahwa pihaknya mendapat intruksi dari Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, untuk melaksanakan kegiatan operasi Satgas kejahatan jalanan jelang Sea Games. Kejahatan jalanan yang dimaksudkan adalah premanisme, begal, jambret dan lain sebagainya. “Perintah Kapolri, untuk kejahatan jalanan itu harus ditekan. Ada beberapa kasus yang kita ungkap, sampai hari ini sudah ada empat kasus dilakukan penangkapan dan saat ini kita lakukan penanganan,” jelasnya.

 

Terkait titik rawan terjadinya kejahatan jalanan di Lobar, Kapolres Lobar itu mengakui bahwa khusus untuk Kabupaten Lobar kondisinya relative aman. Namun tentu ada daerah atau wilayah tertentu yang menjadi atensi jajarannya, salah satunya adalah jalur Bypass BIL II. “Untuk itu kita terus melibatkan patroli ke titik titik yang memang perlu kita antisipasi,” sambungnya.

 

Kapolres Lobar itu juga menuturkan bahwa pihaknya juga memiliki wacana sesuai usulan Ketua DPRD Lobar Imam Kafali yakni terkait pendirian Pos polisi di jalur Bypass BIL. “Kita ada wacana, Ketua DPRD sudah sampaikan ke saya. Hanya tinggal tindaklanjut dari Pemda saja untuk memberikan support. Karena itu untuk mengantisipasi kegiatan anak-anak muda tek-trekan dijalanan,” tegasnya.

 

Namun demikian, pihaknya juga berharap selain pendirian Pos pengamanan juga diperlukan kendaraan operasional khususnya kendaraan roda dua. “Kita siapkan personil, kita juga butuh kendaraan bermotor khususnya roda dua. Saya tekankan dirikan pos, nantinya bisa gabungan antara Lobar dan Mataram yang dilengkap roda dua,” pungkasnya kemudian.

 

Seperti ramai diberikan sejumlah media, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya bertindak tegas terhadap pelaku kejahatan jalanan. Operasi khusus pun telah dibentuk. Kejahatan jalanan seperti kekerasan, copet, jambret, itu sudah menjadi atensi pihak Polri.

 

Bahkan tak tanggung tanggung, Tito pun mengultimatum jajarannya dalam hal ini Pimpinan polisi yang gagal menghentikan kejahatan jalanan akan dicopot. Tito pun telah mengumpulkan seluruh Kapolda jelang perhelatan internasional Asian Games.
Terutama wilayah yang dijadikan venue pertandingan seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan.

Tito mengaku tak segan mencopot jajarannya yang tak serius menjalankan perintah. Ia juga bakal memberikan hadiah bagi pimpinan dengan prestasi menonjol. “Saya perintahkan secara masif melakukan operasi kejahatan jalanan dan tiap minggu nanti dianalisis dan evaluasi. Dihitung berapa kejadian tiap wilayah, berapa yang terungkap, berapa yang tidak, ini akan menjadi patokan untuk reward and punishment,” beber Tito seperti dikutip dibeberapa media nasional. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Keren, Polres Lobar Ungkap Empat Kasus Kejahatan Jalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!