Kembang Hartawan Kembali Nahkodai Gerakan Pramuka Jembrana

posbali.id
(foto/ist) Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Jembrana

 

JEMBRANA, POS BALI-I Made Kembang Hartawan, terpilih sebagai Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jembrana untuk masa bhakti 2017-2022, dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Jembrana Tahun 2017 yang berlangsung di Hall Jimbarwana Hotel Jembrana. Sabtu (28/10)

Seluruh utusan dari 5 (lima) Kwartir Ranting yaitu Melaya, Negara, Jembrana, Mendoyo dan Pekutatan termasuk utusan dari Satuan Karya Pramuka Bhayangkara, Wirakartika, Bhakti Husada dan Wanabhakti termasuk Kwartir Cabang sebagai peserta Muscab, secara aklamasi dan mufakat memilih kembali Kembang Hartawan, untuk memimpin Pramuka Jembrana lima tahun kedepan. Peserta Muscab beralasan, meski Kembang Hartawan memiliki kesibukan yang luar biasa sebagai Wakil Bupati Jembrana, namun masih mampu menyediakan waktu dan memberikan arahan kebijakan kepada jajaran pengurus dibawahnya, termasuk menghadiri kegiatan-kegiatan di tingkat gugusdepan, ranting, cabang, daerah dan nasional. “Hal ini salah satu alasan kami memilih kembali beliau sebagai Kakwarcab “ kata Nyoman Artha peserta utusan Kwarcab Jembrana.

Kembang Hartawan mengatakan, kedepan pengurus kwarcab jangan hanya papan nama saja, orangnya tidak pernah ada,  jadi harus lebih enerjik dan diisi oleh lebih banyak yang muda-muda seperti namanya Praja Muda Karana. Bukan bermaksud mengesampingkan yang tua-tua, boleh saja tua tetapi harus memiliki semangat dan jiwa muda. Menurutnya saat ini Pramuka dihadapkan pada tantangan teknologi informasi. Sudah saatnya Gerakan Pramuka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan pendidikan kepramukaan, salah satunya dengan membuat aplikasi-aplikasi teknik-teknik dan permainan kepramukaan yang mendidik maupun sistem administrasi kwartir yang berbasis teknologi informasi. “ Ini penting kita lakukan supaya tidak ketinggalan jaman dan anak-anak muda semakin senang mengikuti kegiatan pramuka,” katanya

Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Bali Dewa Made Indra, yang hadir dalam pembukaan Muscab tersebut mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal yang dapat melakukan pendidikan diluar sekolah dan diluar keluarga. Selain itu Gerakan Pramuka juga merupakan satu-satunya Organisasi Kemasyarakatan yang memiliki Undang-Undang sendiri. Hal tersebut menurutnya harus menjadi pijakan bagi semua komponen bangsa untuk menjaga dan menumbuhkembangkan Gerakan Pramuka. Pengelolaan Kwartir Cabang Jembrana menurutnya sudah berjalan sangat baik dan perlu terus ditingkatkan.

Sementara, Ketua Panitia Muscab I Nengah Dwi Yadnya mengatakan, selain telah berhasil memilih Ketua Kwarcab Jembrana yang baru, dalam Muscab juga telah menetapkan Rencana Kerja dalam 5 (lima) Tahun kedepan dan Program Kerja Tahun 2018 termasuk Struktur organisasi Kwarcab Jembrana dan badan kelengkapan kwarcab yaitu Dewan Kehormatan, Pusdiklatcab dan Badan Usaha, serta menetapkan Solusi dari sejumlah permasalahan pramuka di Jembrana. “ Terkait dengan kepengurusan kwarcab lainnya, itu dibahas oleh tim formatur yang dipimpin langsung olek ketua kwarcab terpilih, tim formatur diberikan waktu paling lama sebulan untuk membahas kepengurusan,” Tegasnya 024

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!