Keluarga Almarhum Aipda Sudarsa Gelar Upacara Ngulapin

posbali.id

LEGIAN, POS BALI ONLINE – Jejeran canang dan sarana upakara persembahyangan, Jumat (19/8) terlihat memenuhi lokasi ceceran darah almarhum Aipda Wayan Sudarsa alias Pak Cekel (53 th), yang telah mengering di kawasan pantai depan Hotel Pullman Legian.

Menurut keterangan pedagang pantai di sekitar TKP terbunuhnya Aipda Sudarsa, keluarga korban, kerabat dan pemangku mengadakan  prosesi Ngulapin di lokasi tersebut. ‘‘Itu sekitar jam sembilan pagi keluarganya ngulapin. Katanya istri dan anaknya masih menunggu jenasah almarhum di RS Sanglah, jadi yang hadir sepupu, ipar dan kerabat almarhum,’’ terang salah seorang pedagang pantai, Wayan Sukantra ditemui di lokasi.

Dipaparkannya keluarga korban masih terlihat syok dan tak kuasa menahan duka. Hal terlihat beberapa ipar dan saudaranya menangis ketika upacara ngulapin dimulai. Dari informasi yang diterimanya diketahui almarhum rencananya akan diabenkan, Minggu (21/8) besok di rumah keluarga besar almarhum di wilayah Banjar Pesalakan Jimbaran. ‘‘Usai ngulapin keluarganya langsung pergi, mungkin karena kesibukan dalam menyiapkan prosesi ngaben. Cuma sedikit saya dapat berbincang dengan keluarganya,’’ ujar Sukantra.

Sementara Bendesa Adat Legian, I Gusti Nyoman Sudiarsa mengaku akan segera melakukan upacara pecaruan, Sabtu (20/8) hari ini. Upacara tersebut untuk menetralisir hal negatif di sekitar TKP. Selain itu, tujuan pecaruan juga untuk menjaga Kesucian Palemahan Desa Adat Legian dari pengaruh negatif yang timbul akibat kasus pembunuhan tersebut. ‘‘Pecaruan besok (hari ini) dilakukan di TKP pukul 10.00 Wita. Kita lakukan upacara Caru Ekasatha serta Prayascitha Durmanggala yang biayanya berasal dari Desa Adat. Sedangkan untuk pecaruan agung akan dilakukan ketika ada Karya Agung di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Legian,’’ ucap Sudiarsa dihubungi via ponselnya.

Kejadian tersebut, ditegaskannya, tidak akan mempengaruhi penyelenggara Legian Beach Festival (LBF) yang akan dihelat pada tanggal 26 Agustus 2016. Kawasan Pantai Melasti hingga kawasan pantai di depan The Stone akan menjadi areal perhelatan LBF tersebut. Begitu juga TKP terbunuhnya Aipda Wayan Sudarsa juga menjadi salah satu titik perhelatan LBF yang akan meliburkan sejumlah pedagang pantai yang ada dipesisir terkait. 023

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Keluarga Almarhum Aipda Sudarsa Gelar Upacara Ngulapin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!