Karya Agung di Pura Kantor Bupati Karangasem

posbali.id

KARANGASEM, POS BALI ONLINE – Pemerintah Kabupaten Karangasem melaksanakan Karya Agung berupa  Piodalan, Melaspas dan Ngeresigana di Padmasana Kantor Bupati Karangasem.

Kegiatan Piodalan rutin dilaksanakan setiap tahun pada Purnamaning Sasih Karo, Sedangkan upacara Melaspas dan Ngeresigana dilaksanakan karena ada pemugaran pelinggih.

Rangkaian upacara diawali dengan Ngulem dan Nedunang Ida Betara pada Senin (15/8) dilanjutkan keesokan harinya selasa (16/8) dengan Upacara Melasti ke Pantai Ujung.

Puncak upacara berlangsung pada Purnamaning Sasih Karo, rahina Buda Wage Wuku Warigadean, bertepatan dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-71, 17 Agustus 2016. Ida Betara Nyejer selama 3 hari dan upacara mesineb pada Sabtu, 20 Agustus 2016.

Upacara Puncak Piodalan, Melaspas dan Ngeresigana dengan sesaji Suci bebangkit meguling dan caru resigana mependem bebek belang kalung. Upacara ini dipuput 2 Sulinggih Siwa-Buda yaitu Ida Pedanda Gede Oka Kemenuh dari griya Pidada dan Ida Pedanda Wayan Kerta Yoga dari griya Budakeling.

Rangkaian upacara diisi wewalian Topeng sidakarya dan Rejang Dewa, setelah itu dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dengan menghaturkan Puja Trisandya dan Panca Sembah serta Nunas Turta dan Bija.

Selesai Persembahyangan dilanjutkan dengan upacara mejaya-jaya. Persembahyangan pada puncak piodalan dihadiri oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri beserta Bapak I Gst Made Tusan, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Sekda I Gede Adnya Mulyadi, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD beserta Ibu, para Kabag beserta seluruh staf, Sekea Shanti dan Sekaa Gong Pemda.

Menurut Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Kegiatan mlaspas dan ngeresigana ini dilaksanakan karena dilakukan pemugaran beberapa pelinggih. “Sedangkan piodalan rutin setiap tahun, tujuannya untuk memohon keselamatan dan kerahayuan jagat khususnya bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Karangasem,” ucapnya.

Artha Dipa mengharapkan, melalui pelaksanaan aci upacara pidala segenap insan pemkab dikaruniai keselamatan dan kesentosaan dalam mengabdi sebagai aparatur daerah, menyelenggarakan pembangunan daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karangasem. adv

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!