Kapolres Klungkung Kenalkan “TACTICAL DEFENCE ARREST”

posbali.id

Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi, SIK memperkenalkan “Tactical Defence Arrest” (Latihan Pertahanan dan Taktik Penangkapan) kepada anggotanya di Mapolres Klungkung. Dimana pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan personil Polri di dalam melaksanakan kegiatan penangkapan baik secara administrasi maupun secara teknik.

Dalam pelatihan itu, Perwira Polisi Lulusan Sespim Tahun 2012 yang lalu ini mengasumsikan sebuah studi kasus, dimana diasumsikan personil Polres Klungkung akan melaksanakan penangkapan terhadap orang yang diduga sebagai pelaku kejahatan. Diawali dengan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi tindak pidana di lokasi “A”, pelaku teridentifikasi dengan ciri-ciri “X” dengan menggunakan kendaraan “Y”. Menerima laporan tersebut, jajaran Polres Klungkung dengan dipimpin Komandan “B” berangkat menuju TKP dan berpapasan dengan tersangka. Sehingga terjadi saling kejar-mengejar antara petugas dan tersangka, dan dalam pengejaran ini petugas berhasil memberhentikan tersangka. 

Guna menangkap tersangka, teknik “Tactical Defence Arrest” inilah yang harus digunakan. Karena teknik ini berisikan tentang tahapan-tahapan dalam menangkap seorang terduga pelaku kejahatan. Kata AKBP. Arendra bahwa pelatihan penggunaan teknik ini dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran mengenai tahapan serta perintah-perintah oleh petugas sebagaimana diatur dalam pasal 17 KUHP kepada tersangka untuk berhenti serta keluar dari kendaraannya sehingga tersangka bisa diamankan oleh petugas.

Dalam skenario ini beberapa personil Polres Klungkung dijadikan aktor. Diantarannya Kapolsek Dawan AKP I Kadek Suadnyana, SH berperan sebagai Polisi, Bripka I Wayan Dite Antara sebagai Polisi dan Bripka I Wayan Astina sebagai terduga pelaku kejahatan.022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!