Jelang Diberlakukan OPD, Tidak Ada Pejabat Pemprov Non Job

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaru akan diberlakukan mulai Januari 2017 depan. Menyusul diberlakukannya PP 18/2016 ini, puluhan pejabat Eselon II setingkat kepala dinas (kadis) yang sebelumnya dilanda kecemasan akan kehilangan jabatan, kini sudah bisa bernapas lega. Posisi mereka dipastikan masih aman-aman saja alias tidak ada yang non job. Bahkan, akan ada lagi tiga jabatan baru dari sebelumnya 48 kursi menjadi 51 kursi.

“Pengisian jabatan untuk eselon II sudah final. Bahkan, SK-nya sudah ditandatangani Gubernur. Dari sisi jumlah pejabat (untuk eselon II) aman-aman saja. Jadi tidak ada yang non job, cuma akan ada pergeseran jabatan. Mereka bakal dilantik tanggal 30 Desember 2016 ini,” ujar Kepala BKD Provinsi Bali, Ketut Rochineng, Kamis (22/12).

Ditegaskan Rochineng, dalam OPD ini, para pejabat eselon II dengan struktur yang baru nanti disebut dengan jabatan pimpinan tinggi pratama. Dari 51 pejabat yang bakal dilantik, kata dia, akan ada tiga jabatan yang diisi dengan pejabat berstatus Plt (Pelaksana Tugas). “Untuk tiga SKPD dengan pejabat Plt ini masing-masing, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Biro Administrasi Pembangunan. Nanti pejabat di SKPD tersebut bakal dilakukan seleksi setelah pengukuhan Desember nanti, dengan rekrutmen terbuka dengan tender atau lelang jabatan,” jelasnya.

Rochineng mengatakan, ada tiga tipikal dalam pengisian jabatan eselon II dalam OPD terbaru ini. Yakni, ada yang sifatnya pengukuhan, sistem Jobfit (uji kesesuaian) dan ada promosi terbuka. “Pengukuhan dilakukan apabila pejabat dan nomenklatur SKPD-nya tetap. Sementara sistem Jobfit ini apabila SKPD satu digabungkan dengan SKPD lain atau satu SKPD dimekarkan menjadi dua. Seperti Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Sedangkan tipikal pengisian terbuka yakni melalui lelang atau tender jabatan,” imbuhnya.

Bagaimana dengan pejabat Eselon III dan IV? Menurut Rochineng pejabat ini bakal dilantik menyusul setelah pejabat eselon II dikukuhkan. “Ya, awal bulan Januari. Mungkin tanggal 3 Januari karena tanggal 2 (Januari) cuti bersama,” ujarnya. Kata Rochineng, secara keseluruhan, OPD ini dipastikan sudah terisi pada Januari 2017 karena terkait dengan sistem anggaran. “Seluruh nomenklatur harus menyesuaikan sistem anggaran. Harus sama antara pejabat dan nomenklatur dengan anggaran yang ditetapkan APBD 2017,” imbuhnya. 016

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!