Januari Single Free Flow mulai diujicobakan

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Awal tahun 2019 menjadi waktu yang ditentukan oleh pihak Jasamarga Bali Tol (JBT), untuk mengujicobakan sistem pembayaran Singel Line Free Flow pada salah satu ruas di Jalan Toll Bali Mandara. Uji coba tersebut direncanakan dilaksanakan secara terbatas. “Pembayaran ini menggunakan radio, sistemnya tekhnologi tanpa henti. Artinya pengguna jalan tidak perlu berhenti ketika membayar di gardu tol,”ujar Direktur Utama JBT, Enkky Sasono.

 

Dengan metode pembayaran tersebut, pihaknya berharap kapasitas gardu tol akan semakin bisa mengakomodir pengendara. Hal tersebut dikarenakan sistem pembayaran tersebut diyakini akan membuat pengguna jalan lebih cepat bertransaksi nantinya. “Jadi nanti pengendara harus mendaftar, didata dahulu nomor handphone dan nomor mobilm Setelah terdata baru di download aplikasinya, dilakukan proses singkronisasi, baru nanti bisa digunakan,”jelasnya.

 

Sistem pembayaran tersebut diakuinya sudah didahului penerapannya di toll wilayah Jakarta. Ujicoba tersebut dilakukan di Bali, untuk melihat antusiasme dari pengendara toll bali mandara. Nantinya jika hal itu jadi diterapkan, pembayaran menggunakan unik ditegaskannya akan tetap diberlakukan. Hal itu dikarenakan jalan tol di Bali bukan hanya dilalui oleh masyarakat yang tinggal di Bali, melainkan oleh tamu mancanegara yang terbatas tinggal di Bali. “Jadi yang temporary bisa menggunakan unik dengan saldo yang diinginkan,”imbuhnya.

 

Sebelumnya Dirut JBT yang dahulu, Akhmad Titi Karim diketahui juga sempat mengutarakan rencana tersebut. Namun sayangnya sampai ia dipindah wilayah kerja, hal itu masih dalam proses penggagasan. Dimana Singel Line Free Flow adalah metode pembayaran masuk toll tanpa menggunakan kartu unik. Kendaraan akan discan oleh kamera yang terpasang di gardu tol dan kendaraan akan ditempelkan semacam bar code. Sehingga kendaraan nantinya tidak akan perlu berhenti terlalu lama untuk melakukan pembayaran. “Nanti saat ujicoba kita akan terapkan pada satu lajur dulu, akan ada alat tambahan yang akan dipasang disana. Kalau sukses perkembangannya, nanti akan diterapkan metode pembayaran seperti itu juga atau multiland Free Flow,”paparnya.

 

Barcode tersebut nantinya akan dipasang diselaput lampu depan kendaraan, baik roda dua dan roda empat. Untuk mendapatkan barcode tersebut maka pengendara harus mendaftar dahulu kendaraan dan rekening mereka untuk mendatanya. Sebab nantinya sistem pembayaran tersebut akan terintegrasi dengan bank masing-masing, yang akan berujung pada multiland free flow.

 

Dengan penggunaan metode tersebut diyakininya akan semakin memangkas waktu transaksi pembayaran di toll, sebab pengendara tidak perlu lagi berhenti dan mengeluarkan kartu unik. Hasil dari transaksi pembayaran tersebut juga akan langsung masuk ke rekening kantor. “Awal tahun depan kita harapkan ini bisa diujicobakan, nanti pasti akan kita sosialisasikan,”imbuhnya. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!