Jambanisasi di Buahan, Targetkan 50 Jamban

posbali.id

GIANYAR, POS BALI.ID – Guna membantu warga kurang mampu dalam pembuatan jamban, Danramil 1616-07/Payangan Kapten Inf Hengky H bersama anggota ikut serta membuatkan jamban untuk warga kurang mampu di desa Buahan, Payangan, Kamis (26/4).

Henky mengatakan, jamban merupakan bagian penting dalam perumahan, tetapi kemungkinan beberapa warga menganggap tidaklah penting karena sudah ada kali yang dapat digunakan untuk buang air besar. “Padahal buang air besar (BAB) sembarangan, dapat mencemari lingkungan dan dapat menimbulkan bibit penyakit,” jelasnya.

Pembuatan jamban yang sedang dilakukan, kata Henky, merupakan kegiatan lanjutan yang selama ini telah dikerjakan oleh Koramil jajaran Kodim 1616/Gianyar. “Kami jajaran Kodim 1616/Gianyar, setiap tahun membuat jamban untuk warga kurang mampu. Kita harapkan nantinya setiap rumah ada jambannya,” ujarnya.

Untuk saat ini, mantan Pasi Intel Kodim Gianyar ini, mengatakan, pembuatan jamban dilakukan dirumah I Wayan Sudiarta, seorang petani asal desa Buahan, Payangan. Keluarga Sudiarta, karena tidak memiliki jamban, buang air besar di kali. “Karena keterbatasan keluarga tersebut, saat membuang hajat, buang air besar selalu dilakukan di kali,” ujarnya.

Menurutnya, keterbatasan dana, sehingga keluarga ini tidak memiliki jamban. Selain itu, juga minimnya pengetahuan kesehatan lingkungan. “Rencananya kita akan buat sekitar 50 jamban. Sehingga semua keluarga memiliki jamban dan tidak ada lagi yang BAB ke kali,” ungkapnya.

Dikatakanya, dengan pembangunan jamban diharapkan sebagian masyarakat yang kurang mampu selama ini buang air besar tidak pada tempatnya akan merubah kebiasaan tersebut, sehingga pola hidup sehat warga akan terwujud,” ujarnya. 011

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!