Jalur Penerbangan Selatan Jawa Segera Beroperasi

posbali.id

JAKARTA, POS BALI ONLINE – Jalur penerbangan Selatan Jawa segera beroperasi dan direncakan diluncurkan pada bulan depan. Demikian isyarat Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) Novie Riyanto.

“Sudah mau ‘publish’ (diluncurkan), Insya Allah bulan depan, Juli atau Agustus beroperasi,” kata Novie saat ditemui di Jakarta, Senin (29/5).

Lebih lanjut, Direktur Operasi Airnav Indonesia Wisnu Darjono mengatakan jalur tersebut dikhususkan untuk jalur penerbangan domestik. “Kita yang buat jalurnya, nanti maskapai silakan memilih apakah masih mau di Utara atau Selatan,” ucapnya.

Terkait waktu penerbangan, Wisnu mengatakan saling mengisi dengan jadwal latihan TNI Angkatan Udara, yakni lebih banyak rentang waktu antara sore dan malam.

“Jamnya antara sore ke malam, inginnya pagi ke siang tapi dipakai latihan oleh TNI AU, kita saling mengisi,” tutur Novie.

Dihubungi terpisah, Manager Humas Lion Air Group Andy M Saladin mengatakan pihaknya masih memperlajari terkait efi siensi penerbangan di Jalur Selatan Jawa.“Kami masih mempelajari dulu, efisiensinya berapa persen dan pengaruh ke operasionalnya seperti apa,” katanya.

Sudah mau ‘publish’ Insya Allah bulan depan, Juli atau Agustus beroperasi Novie Riyanto, Direktur Utama Airnav Indonesia.

Sebelumnya, jalur penerbangan Selatan Jawa telah dilakukan uji coba oleh Garuda Indonesia dengan Notam A366/16 pada rute-rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Lombok Praya, Jakarta-Kupang, YogyakartaDenpasar, Yogyakarta-Lombok Praya, Yogyakarta-Kupang.

Berdasarkan evaluasi antara Airnav Indonesia, Kementerian Perhubungan dan TNI AU, yaitu masih harus menyelesaikan aspek-aspek yang berkaitan dengan keselamatan, seperti prosedur standar operasi (SOP) dalam keadaan darurat.

Pembukaan jalur penerbangan Selatan Jawa merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi kepadatan jalur penerbangan di Jalur Utara Jawa.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo yang memperbolehkan ruang udara di Jawa bagian Selatan tersebut untuk dilalui penerbangan sipil selain sebagai ruang latihan TNI AU. ant

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!