Ini di Lombok, Melasti ke Segara Tanjung Karang

posbali.id

 

POS BALI/YAD
Iring-iringan para perempuan saat mengikuti ritual melasti yang digelar umat Hindu Banjar Saren, Pegesangan melasti ke Pantai Tanjung Karang, Kota Mataram, NTB, Kamis (2/10).

MATARAM, POS BALI – Bertepatan dengan Manis Galungan, umat Hindu Banjar Saren, Pegesangan, Kamis (2/10) melaksanakan upacara melasti ke Pantai Tanjung Karang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) serangkaian upacara piodalan di Pura Pemaksan Saren yang puncaknya pada Purnamaning Sasih Kalima, Jumat (3/10).

Upacara melasti dilaksanakan dengan berjalan kaki dari Pura Pemaksan Saren menuju Pantai Tanjung Karang dengan membawa pretima, jempana, dan diiringi baleganjur, gong, maupun angklung.

Upacara yang sakral tersebut berjalan lancar, damai, dan khidmat. Upacara dipuput Ida Pedanda Gede dari Geria Banjar Pande Cakranegara.

Piodalan yang diselenggarakan rutin setiap tahun itu berlangsung lima hari dimulai dengan mesaba dasa pada Senin (30/10), dilanjutkan dengan bengang pada Selasa (31/10) dan Rabu (1/11). Setelah melasti ke Pantai Tanjung Karang dilanjutkan dengan puncak piodalan yang disebut dengan pemandayan pada Jumat (4/11) hari ini.

Esok harinya, Sabtu (5/11), dilanjutkan dengan ngelukar yang ditandai dengam tabuh rah hanya satu saet. 001

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *