IHDN Gelar Ngayah Rejang Dewa dan Topeng di Besakih

posbali.id

 

KARANGASEM, POS BALI- Serangkaian  Karya Tawur Tabuh Gentuh dan Ida Bhatara Turun kabeh di Pura Agung Besakih, antusias umat Hindu untuk melakukan ngayah dan persembahyangan tahun ini sangat tinggi.

Salah satunya, IHDN Denpasar sebagai perguruan tinggi bernafaskan Hindu, Selasa (17/4) melangsungkan ngayah rejang dewa dan nopeng dalam rangkaian ngayarin. Sebanyak 120 dosen, pegawai dan mahasiswa terlibat dalam kegiatan tersebut.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IHDN Denpasar Dr. Dra. Ni Ketut Srie Kusuma Wardhani, M.Pd  selaku Koordinator kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ngayah yang dilakukan civitas kampus Hindu tersebut merupakan yang kesekian kalinya di Besakih.

“Ngayah dengan melibatkan para dosen, pegawai dan mahasiswa  tersebut bukanlah hal yang baru dilakukan.  Melalui kelembagaan sudah intens melakukan hal serupa di berbagai pura di Bali hingga luar daerah,”katanya.

Ngayah, tambah Kusuma Wardhani bagian implementasi dari tri dharma perguruan tinggi yang di usung IHDN  dalam hal mengabdikan civitas kampus baik dalam konteks, parahyangan, pawongan dan palemahan. Meskipun terik matahari yang menyengat kemarin, tak membuat semangat para pengayah patah arang.

Lebih jauh, sebagai bentuk dari kontribusi lembaga pendidikan Hindu, IHDN tambah Kusuma Wardhani sebagai bukti kongkret bahwa , lembaga tersebut ingin dekat dengan umat Hindu. Tidak hanya fokus dalam hal kajian akademik tapi juga berkontribusi nyata dalam upacara yang berlangsung di Besakih.

Ia berharap, karya kali ini yang dirangkai dengan tawur tabuh gentuh memberikan ketenangan, keharmonisan dan keseimbangan bagi alam Bali. Khususnya Karangasem yang sejak tahun lalu terkena dampak  musibah letusan Gunung Agung.  Disamping itu, ia meminta kepada umat Hindu yang hadir sembahyang bisa mendoakan bersama agar alam Bali tetap seimbang dan jauh dari bencana. 008

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *