I Ketut Wenten Aryawan, SH.MH Dikukuhkan sebagai Doktor Kajian Budaya

posbali.id

Desertasi Mengangkat Masalah “Penyelesaian Konflik Adat Antara desa Pekraman Budaga dan Desa Pekraman Kemoning – Klungkung”.

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Bertempat di Gedung Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Jln. Jendral Sudirman Denpasar pada Senin (22/8) di depan Tim Penguji Desertasi, I Ketut Wenten Aryawan, S.H,M.H berhasil mempertahankan desertasinya. Dalam ringkasan desertasi yang ditulisnya, Wenten Aryawan mengkaji 3 masalah penyelesaian konfl ik adat di Desa Pekraman Budaga dengan Desa Pekraman Kemoning. Ketiga masalah dimaksud adalah (1) Mengapa penyelesaian konflik adat ke dua desa tersebut dibominasi oleh MUDP. (2) Bagaimana mekanisme penyelesaian konfl ik adat tersebut sehingga menghasilkan keputusan MUDP (3) Bagaimana implikasi penyelesaian konfl ik adat tersebut dalam hubungan masyarakat Desa Pekraman Budaga dengan masyarakat Desa Pekraman Kemoning.

Tim penguji yang diketuai oleh Prof. Dr. I Ketut Mertha, S.H, M.Hum dan beranggotakan 7 orang itu Wenten Aryawan menyampaikan bahwa tujuan dari penelitian yang dilakukannya adalah untuk memahami logika dibalik dominasi MUDP, memahami mekanisme penyelesaian konfl ik dan memahami hubungan masyarakat masyarakat Desa Pekraman Budaga dengan masyarakat Desa Pekraman Kemoning pasca keputusan MUDP. Manfaat praktis yang diharapkan dari hasil penelitian tentang konfl ik masyarakat Desa Pekraman Budaga dengan masyarakat Desa Pekraman Kemoning adalah: Prajuru bisa dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan dalam hal mencegah konflik di desa Pekraman. Lembaga Desa Pekraman/Banjar Pekraman dapat dimanfaatkan untuk memahami, memilah dan memilih cara penyelesaian konfl ik. Dan Lembaga Pemerintah bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memecahkan konfl ik adat di desa Pekraman di Bali.

I Ketut Wenten Aryawan, S.H,M.H yang juga suami dari Luh Kade Sariariani dan Bapak 2 anak ini lahir di Nusa Penida pada 31 Desember 1956. Bekerja sebagai dosen tetap di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali ini membuat beberapa kesimpulan dalam desertasi nya bahwa penyelesaian konfl ik adat di Desa Pekraman Budaga dan Desa Pekraman Kemoning – Klungkung yang didominasi oleh MUDP karena gagalnya penyelesaian konfl ik pada tahap sebelumnya. Mekanisme penyelesaian konfl ik adat tersebut menghasilkan keputusan MUDP yang tertuang dalam Keputusan Sabha Kerta Majelis Utama Desa Pekraman Provinsi Bali Nomor: 001/SK/Sabha/MUDP Bali/I2012, Tanggal 6 Januari 2012tentang Pura Dalem, Pura Prajapati dan setra yang terletak di belakang RSUD Klungkung.

Sedangkan implikasi penyelesaian konfl ik bagi hubungan antara masyarakat pasca keputusan MUDP tersebut ternyata kurang bisa diterima oleh salah satu desa yang berkonflik. Yang menarik selama melakukan penelitian ada temuan baru oleh Wenten Aryawan bahwa awig-awig desa pekraman tak selamanya bisa dijadikan acuan dalam menyelesaikan konfl ik desa adat. Selain itu, keputusan MUDP hanya memenuhi salah satu pihak yang berkonfl ik sehingga masalah konfl ik tidak sepenuhnya bisa diselesaikan melalui keputusan MUDP. Sumbang saran disampaikan oleh Wenten dalam ringkasan desertasinya yaitu penyelesaian konfl ik adat hendaknya tak didominasi oleh MUDP. Mekanisme penyelesaian konfl ik adat oleh MUDP hendaknya mempertimbangkan penggunaan teori mediasi dan negosiasi karena kedua teori ini dianggap relevan untuk memecahkan masalah di masyarakat. (*/063)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

4 tanggapan untuk “I Ketut Wenten Aryawan, SH.MH Dikukuhkan sebagai Doktor Kajian Budaya

  • 23/10/2018 pada 5:58 AM
    Permalink

    TULIP HIFU療程屬非侵入性及非手術的緊膚修身治療,獲歐盟CE、韓國KFDA、GMP、ISO9001、ISO13485等認證,安全可靠。 Tulip的DUAL HIFU精細技術,對面部和眼部治療特別有效;另外,TULIP FB有的13mm及7mm STAMP蓋印式治HIFU治療頭設計,眼、面以外部位,同時具「造身」效果。TULIP【DUAL HIFU高能量聚焦超聲波平台】【特點】- 非手術、非侵入性緊膚治療- 適用於任何膚色肌膚- 治療更精確、更安全- 備有7mm及13mm治療頭,可收緊腹部、臀部、手臂等鬆弛肌膚 【治療目的】- 緊緻肌膚- 提升輪廓- 減淡皺紋- 重塑輪廓線條- 嫩膚亮肌- 提升下垂眼部- 重塑身體線條 (用於7mm/13mm修身治療頭)- 重點減少脂肪細胞 (用於7mm/13mm修身治療頭)

    Balas
  • 22/11/2018 pada 10:35 PM
    Permalink

    New Rangers chairman Dave King insists the club are not at war with Mike Ashley and says their troubles with the Newcastle chief, who owns nine per cent of the club, are ‘just business’. Mike Ashley is not a ‘threat’ to new Rangers chairman Dave King’s plans for Ibrox club

    Balas
  • 12/12/2018 pada 4:14 AM
    Permalink

    I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your site to come back in the future. All the best

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!