HPI Bali dan MTGS Myanmar Ikuti Simposium SEATGA

posbali.id

DENPASAR, POS BALI– Dua puluh lima pramuwisata (guide) dari Mandalay, Myanmar yang dipimpin oleh Mr. Ye Myat Tun bertandang ke sekretariat DPD HPI Bali Jln. Sekar Tunjung Denpasar, Senin (30/5). Kunjungan yang difasilitasi Southeast Asia Tourist Guides Association (SEATGA) ini bertujuan membangun komunikasi sekaligus pertukaran informasi  dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Presiden SEATGA Mangku Nyoman Kandia mengatakan, exchange program seperti ini digagas dalam upaya meningkatkan keterpaduan destinasi di ASEAN khususnya dari aspek kepramuwisataan. “Melalui forum seperti ini kita saling membagi pengalaman, bagaimana kepramuwisataan yang berlaku di masing-masing negara. Kita sharinglah,” ujar Kandia.

Dia mengungkapkan, khusus di bidang budaya, pramuwisata yang tergabung dalam Mandalay Tourist Guide Sociaty (MTGS)Myanmar ingin belajar dari Bali—yang selama ini dikenal unggul di bidang ini. Untuk itu selama di Bali, rombongan MTGS ini juga mengunjungi sejumlah kampus, tour di desa wisata dan belajar tentang seni dan budaya Bali.

Hal senada juga dikemukakan Ketua DPD HPI Bali Sangtu Subaya. Selaku tuan rumah, dia mengapresiasi terobosan Presiden SEATGA Nyoman Kandia. Menurut Sangtu, melalui kegiatan simposium ini, HPI Bali bisa bertukar informasi dengan MTGS Myanmar, khususnya di bidang perekrutan guide, standar kompetensi dan pengembangan profesi.

“Hal ini dilakukan agar ada semacam kesetaraan mengenai standar kompetensi antara guide di Indonesia termasuk Bali dan Myanmar khususnya dalam konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah berlaku sejak 31 Desember 2015 lalu. Sebagai asosiasi, kita saling belajar dan mengisi satu sama lain dalam upaya meningkatkan profesionalisme pramuwisata,” tandas Sangtu.

Presiden MTGS Myanmar Mr. Ye Myat Tun mengaku sangat senang bisa bertukar pengalaman dengan rekan-rekan sesama guide di Bali. Secara pribadi dia juga merasa at home di Pulau Dewata karena suasana alam dan budayanya yang mirip dengan situasi di Myanmar. Dia berharap, lawatan ke Bali ini nanti bisa dibalas dengan kunjungan yang sama HPI Bali ke Mandalay.

Dalam sesi diskusi yang dipandu oleh Sekretartis HPI Bali Gede Kasna, berkembang ikhtiar untuk meningkatkan profesionalisme dan taraf hidup guide. Belakangan ini ada kesan, pramuwisata lebih banyak mengenalkan wisatawan pada belanja sehingga mengabaikan budaya. Hal ini antara lain karena pendapatan pramuwisata masih sangat rendah. “Ini yang harus diperjuangkan oleh asosiasi  dengan pihak terkait,” ujar Sangtu. 002 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “HPI Bali dan MTGS Myanmar Ikuti Simposium SEATGA

  • 21/11/2018 pada 2:18 AM
    Permalink

    Mkhitaryan joined Arsenal on Monday in a swap deal, with Alexis Sanchez moving the other way to Man United. Ozil and Mkhitaryan will now link up as the creative force in the Gunners attack. Arsenal new boy Henrikh Mkhitaryan says he is looking forward to playing with Mesut Ozil: ‘He is an assist king’

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!