GTI Awasi Penggunaan Dana Bansos dan Hibah

posbali.id

GIANYAR, POS BALI ONLINE – Proyek APBD, termasuk bansos maupun hibah akan menjadi prioritas pengawasan Garda Tipikor Indonesia (GTI). Pemberian dana Hibah sudah melalui kajian, sehingga penggunaannya harus sesuai. Hal itu ditegaskan, Ketua DPC GTI Gianyar, Pande Mangku Rata, Senin (15/8).

Kenapa itu diprioritaskan, karena menurut Mangku Rata, proyek tersebut, baik melalui tender maupun penunjukkan langsung (PL) sudah melalui kajian dari instansi terkait. “Kita akan awasi, jangan sampai dana hibah tersebut disalahgunakan,” ujarya.

Berdasarkan pengamatan dari GTI, tender dan PL prosesnya tidak fair, terutama PL ada indikasi dikuasai oleh orang-orang penting di Gianyar, baik dari unsur eksekutif dan juga legislatif. Hal ini akan berdampak pada tidak meratanya pembangunan dan juga keadilan. “Terkesan PL banyak didapatkan oleh pemborong dari luar Gianyar,” jelasnya.

Untuk itu, GTI akan mengawasi ketat proyek-proyek tersebut. Untuk memulainya, GTI akan meminta daftar proyek-proyek yang ada di Gianyar. Setelah itu, GTI mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengontrol pembangunan. “Kita akan mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut mengawasi proyek-proyek yang menggunakan dana pemerintah,” terangnya.

GTI berkomitmen, jika menemukan adanya penyimpangan akan melaporkan dan membawa ke ranah hukum. Apalagi selama ini, terkesan tak ada pembangunan yang signifi kan. Baik itu pembangunan fi sik maupun pembangunan mental. “Kita harapkan pembangunan tepat sasaran dan bisan dinikmati semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Mangku Rata mempertanyakan bantuan yang diberikan untuk ngaben masal. Dimana dananya baru cair setelah upacara pengabenan, lalu bagaimana pertanggungjawabannya. Menurutnya,hal itu sangat riskan dan akan menjadi temuannya. “Tak menutup kemungkinan akan terjadi rekayasa dalam laporan bantuan tersebu,”  pungkasaya. 011

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!