Giri Prasta resmikan 3 taman dan patung sentuhan dari program TJSP

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Tiga Taman dan Patung di wilayah Kuta yaitu Taman Patung Dewa Ruci, Ksatria Gatot Kaca dan Monumen Bom Bali kini menjadi ikon baru pariwisata Badung. Pasalnya keberadaan ketiga patung tersebut telah mendapatkan penataan dan perawatan dengan dilengkapi air mancur, tata lampu dan penataan taman yang indah. Ketiga taman tersebut merupakan program Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) kabupaten Badung. Dimana Selasa (27/11) malam, taman tersebut diresmikan secara simbolis oleh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta di taman Patung Dewa Ruci. Hadir pula dalam acara tersebut Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, DPRD Badung dapil Kuta I Gusti Anom Gumanti dan I Gusti Ngurah Sudiarsa, Tokoh Panglingsir Puri Mengwi AA Gde Agung, OPD kabupaten Badung, Muspika kecamatan Kuta, Bendesa Adat Kuta, tokoh masyarakat, adat dan agama di kecamatan Kuta, serta undangan lainnya.

 

Dalan pemaparanya, Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa terimakasihnya kepada forum TJSP dan swasta, karena telah mewujudnyatakan program CSR dengan menata, mempercantik dan memelihara 3 taman di wilayah Kuta. Hal tersebut sekaligus meringankan beban dari DLHK Kabupaten Badung. Melalui langkah tersebut, pihaknya mengajak semua masyarakat dan stake holder, untuk ikut berpartisipasi membangun Badung secara bersama-sama. Dengan tampilan Patung Dewa Ruci dan 2 patung lainnya yang kini sudah bagus, hal itu tentunya akan menjadi ikon daya tarik pariwisata bagi Badung. “Program ini sangat bagus dan menjadikan Taman Dewa Ruci ini sebagai salah satu ikon utama di Kabupaten Badung dengan memadukan unsur adat, Budaya dan alam dengan teknologi modern sehingga dapat meningkatkan estetika. Mari kita jaga keasrian Taman Dewa Ruci ini yang sudah di tata ini,”terang Giri Prasta.

 

Dijelaskannya Kuta merupakan jantungnya dari kabupaten Badung. Untuk itu estetika dan citra wilayah serta kenyamanan dan keamanan harus dijaga dengan baik. Untuk itu pihaknya mengaku juga telah melakukan berbagai inovasi, untuk mempercantik dan menjaga Kuta dengan baik. Hal itu tidak akan berhenti di Kuta saja, tapi juga di daerah lain di kabupaten Badung.

Sementara Ketua Forum TJSP kabupaten Badung, Wayan Gede Suarsa menerangkan Pelaksanaan TJSP di kabupaten Badung berdasarkan atas Perda kabupaten Badung No 6 tahun 2013 tentang tanggung jawab perusahaan dan Perbup Badung No 83 tahun 2013 tentang penyelenggaraan TJSP di kabupatan Badung. Forum TJSP dibentuk pada 12 April 2018 berdasarkan Surat Keputusan Susunan Pengurusan Forum TJSP kabupaten Badung Periode 2018-2022 No 003/Forum TJSP Kabupaten Badung/AP 2018. Dimana pada tanggal 17 September 2018 telah ditandatangani kerjasama antara Pemkab Badung dengan Forum TJSP kabupaten Badung. Dimana Maksud dan tujuan forum tersebut adalah mensinergikan potensi semua pihak yang bergerak di bidang CSR, untuk bersama-sama meningkatkan pembangunan di kabupaten Badung pada kegiatan penanggulangan kemiskinan, permasalahan sosial, budaya, pemanfaatan ruang dan lingkungan hidup, serta pembangunan infrastruktur. “Pengelolaan TJSP tidak terbatas pada merencanakan, mengkoordinir, mengawasi, membenahi, tapi juga mengembangkan manfaatnya untuk pembangunan kabupaten Badung yang berkerakyatan, berkualitas dan berkesinambungan,”sebut Suarsa.

 

Dipaparkannya, untuk menata 3 taman yang ada di Kuta, TJSP bersinergi dengan salah satu operator jaringan seluler. Dimana taman yang yang diremajakan tersebut adalah Taman Dewa Ruci, Ksatria Gatot Kaca dan Monumen Bom Bali. Dana pengelolaan dan perawatan yang disediakan untuk taman Dewa Ruci senilai Rp 2.426.950.000 dengan masa pengerajaan 75 hari, taman Ksatria Gatot Kaca senilai Rp 1.998.700.000 selama 45 hari dan taman Bom Bali senilai Rp 1.105.750.000 dalam waktu 45 hari. Dimana untuk taman Dewa Ruci dilengkapi dengan air mancur, taman, pagar dan ornamen lainnya. “Taman ini ditata sebagai suatu ikon utama di kabupaten badung, dengan memadukan unsur adat, budaya dan alam dengan teknologi modern, sehingga meningkatkan estetika. Ini sekaligus untuk menstimulan perusahaan lain agar dapat berpartisipasi dengan Pemda Badung, untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kabupaten Badung,”harapnya. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!