Gelar Perkara Ahok Minggu Depan

posbali.id

JAKARTA, POS BALI ONLINE – Analis Kebijakan Madya Divisi Humas Polri Kombes Pol Rikwanto mengatakan pihaknya akan menggelar gelar perkara terbuka terkait dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok minggu depan.

“Rencananya minggu depan dan kalau minggu ini rencananya akan memeriksa saksi-saksi yang belum kami periksa. Minggu ini ada delapan orang lagi termasuk saksi pelapor yang akan diperiksa,” kata Rikwanto seusai pemeriksaan Ahok di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/11).

Menurutnya, gelar perkara terbuka akan dilakukan setelah pemeriksaan sudah selesai dan bisa dikumpulkan berkas pemeriksaannya. “Insya Allah minggu depan, namun harinya belum ditentukan untuk gelar perkara itu,” ucap Rikwanto.

Terkait pemeriksaan Ahok, ia menyatakan terdapat 40 pertanyaan dalam pemeriksaan Ahok pada hari ini (Senin, 7/11) berkaitan dengan kegiatannya di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. “Yaitu, program untuk pengembangan perikanan yang akan dilaksanakan oleh warga Kepulauan Seribu. Dalam prosesnya, beliau mengatakan bagaimana warga setempat akan mendapat keuntungan berupa umrah dan lain-lain kalau program pengembangan perikanan itu berhasil,” tuturnya.

Ahok sendiri enggan berkomentar terkait pemeriksaan dirinya di Mabes Polri atas kasus dugaan penistaan agama. “Saya kira sudah jelas semua, kalau mau tahu yang lain tanya ke penyidik saya mau pulang, sudah lapar,” kata Ahok.

Berdasarkan pantauan, Ahok yang hanya memberikan keterangan singkat itu, langsung menuju dan masuk ke dalam mobil Toyota Innova dengan nomor polisi B 1330 EOM yang telah menunggunya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengacara Ahok, Sirra Prayuna menjelaskan pemeriksaan terhadap kliennya dilakukan selama 9 jam dengan 22 pertanyaan ditambah pemeriksaan terdahulu 18 pertanyaan sehingga jumlahnya 40 pertanyaan.

Sebelumnya, Ahok yang memakai batik berwarna coklat lengan panjang datang ke Mabes Polri pada pukul 08.15 WIB. “Ada beberapa penyidik yang saya kira hari ini melalukan pemeriksan terhadap Pak Ahok. Pertama Kombes Ari Adi Putra, kemudian Suwando Nainggolan, dan beberapa penyidik lainnya,” ucap Sirra.

Menurutnya, pemeriksaan tersebut berjalan dengan lancar. “Pak Ahok bisa menjawab dengan baik sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dalam pemeriksaan,” tuturnya.

Pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif tersebut merupakan pemeriksaan untuk kedua kalinya sebagai terlapor. Hingga saat ini, Polri telah mendengarkan keterangan dari 29 orang saksi dalam pengusutan kasus Ahok.

Di antara 29 saksi tersebut, setidaknya ada 12 orang saksi ahli yang diperiksa berasal dari ahli hukum pidana, ahli bahasa, ahli tafsir, dan ahli agama serta 13 orang saksi lainnya merupakan pihak yang melapor Ahok. Sementara 4 saksi lainnya baru diperiksa hari ini (Senin, 7/11). ant/dbs

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Gelar Perkara Ahok Minggu Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!