Forum Bebas Bicara (PBB) “De Koh Ngomong” Semeton Karangasem

posbali.id

Pemkab Karangasem Tantang Masyarakat Berani Sampaikan Aspirasi

 

Nyoman Sutiryana

PEMERINTAH Kabupaten Karangasem di bawah kepemimpinan Bupati Gusti Ayu Mas Sumatri dan Wabup Wayan Artha Dipa terus membuat program terobosan yang mengena langsung kepada masyarakat. Salah satu yang kini diluncurkan Bupati dan Wakil Bupati yang dikenal dengan jargon MasDipa itu membuat program Forum Bebas Bicara (FBB) “De Koh Ngomong” Semeton Karangasem.

Program yang mirip dengan Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) tersebut dilaunching Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa bertempat di Jalan Veteran Jalur 11 Amlapura, Minggu (2/10). Tujuannya yaitu sebagai wadah bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dalam bentuk usul, saran, maupun kritikan yang bersifat konstrukstrif bagi kemajuan Karangasem. Sebab Seluruh SKPD terkait juga hadir dalam acara tersebut khusus untuk mendengarkan masukan dari Masyarakat sehingga bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti.

Wabup Artha Dipa dalam sambutannya mengatakan ajang FBB De Koh Ngomong tersebut merupakan sebuah kesempatan masyarakat Karangasem untuk dapat menyalurkan aspirasinya, baik berupa usul, saran maupun kritik terhadap segala kebijakan pemerintah yang telah maupun yang akan dilaksanakan. Ditambahkan dalam kehidupan bernegara di Republik Indonesia, bahwa seseorang yang mengemukakan pendapatnya atau pikirannya dijamin secara konstitusional.

“Hak menyampaikan pendapat itu dicantumkan dalam UUD 1945 Pasal 28, bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan dan sebagainya, ditetapkan dengan undang-undang,”ungkapnya. Namun Artha Dipa mengatakan Orang boleh bebas mengeluarkan pendapat, tetapi juga perlu pengaturan, agar tidak menimbulkan salah pengertian (miss communication) yang mengakibatkan konfl ik yang berkepanjangan antar anggota masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, Kadis Kominfo Karangasem Gde Ngurah Yudiantara menyampaikan, Forum Bebas Bicara “De Koh Ngomong” Semeton Karangasem bertujuan pula untuk menarik minat masyarakat Karangasem untuk aktif membantu kerja pemerintah dalam mengawasi pembangunan. Dirinya menyampaikan bahwa segala permasalahan pemerintah mulai dari jalan rusak hingga masalah politik dan pembangunan bisa disampaikan dalam forum. Apapun masukan akan dicatat dan ditindaklanjuti oleh SKPD terkait atau akan dijadikan masukan sebagai program yang harus disusun tahun berikutnya.

Hanya saja pihaknya menyampaikan kegiatan baru bisa dilaksanakan sebulan sekali yaitu Hari Minggu Pertama setiap Awal Bulannya. Peserta yang menyampaikan pendapatnya cukup datang ke Jalan Veteran Jalaur 11 Amlapura dari jam 6-8 Pagi. Dalam hari pertama memang masyarakat masih kurang antusias karena hanya 5 orang yang tampil dalam FBB tersebut. Pihaknya pun menantang Masyarakat untuk memanfaatkan FBB “De Koh Ngomong” ke depan agar benarbenar dimanfaatkan untuk menjadi ajang menyampaikan pendapat, kritik, dan masukan untuk membangun Karangasem. adv

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Forum Bebas Bicara (PBB) “De Koh Ngomong” Semeton Karangasem

  • 22/11/2018 pada 4:54 PM
    Permalink

    Zenit have announced Belgium international Axel Witsel has left the club to sign a reported £255,000-per-week deal at Chinese Super League side Tianjin Quanjian.  Axel Witsel seals Tianjin Quanjian transfer from Zenit after snubbing Juventus move to land China deal

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!