Festival GloBALI, Ajang Eksperimen Tradisi Perjalanan Dunia

posbali.id
GIANYAR, POS BALI – Bali telah menjadi ikon pariwisata, baik nasional maupun internasional. Bali menjadi ajang eksperimen tradisi perjalanan dunia, dari dulu hingga sekarang. Festival GloBALI merupakan festival yang diselenggarakan sejak tahun 2007 saat berlangsung Pertemuan Panel Dunia untuk Perubahan Iklim, yang sempat dihadiri oleh Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon, Presiden RI dan berbagai kepala negara. Acara dukungan yang digelar di pelataran Garuda Wisnu Kencana, menjadi momentum untuk menyelenggarakan kegiatan berikutnya. Pada saat penyelenggaraan World
Cultural Forum 2013, GloBALI Festival juga diselenggarakan menyemarakkan pertemuan dunia ini. Hal itu diungkapkan Geberal Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana, disela-sela pembukaan GloBALI Festival, Senin (10/12).

Lebih lanjut dikatakanya, sejak tahun 2017, memperingati Seabad Pariwisata Bali, Festival GloBALI mdiselenggarakan di Taman Nusa Gianyar, yang kemudian menjadi rumah tetapnya dan kini diselenggarakan setiap tahun. Berdasarkan warisan budaya yang kaya ini, GloBALI Tourism Observatory.Tema didasarkan pada persoalan dan tantangan utama, dengan menghimpun kekuatan bersama melalui ekspresi kreatif. Berupa serangkaian upacara dan pertunjukan, yang berlangsung selama tiga hari, di berbagai venue di Taman Nusa pada 10 -12 Desember 2018. “Tema utama 2018 adalah Resuraction atau Kebangkitan Kembali. Setelah melewati waktu sulit dalam setahun terakhir, melalui berbagai bencana alam di berbagai tempat tanah air, saatnya membangun daya kreatif untuk bangkit kembali,” jelasnya.

Dijatakanya, seperti diketahui bencana alam, gempa, tsunami, luquifikasi, sampai bencana teknologi seperti pesawat jatuh itu, betul-betul berpengaruh terhadap kunjungan Wisman ke tanah air. Termasuk polemik, dan perang kata-kata keras di media soal zero dollar tour bulan lalu. Salah satu yang paling mengguncang adalah gempa Lombok. Kondisi semakin parah mengingat bencana terjadi saat puncak kunjungan. “Gempa tidak hanya berdampak bagi Lombok semata. Bali yang merupakan daerah tetangga, ikut merasakan imbasnya. Indonesia juga,” ujarnya.

Penyelenggarakan GloBALI Festival merupakan serangkaian kegiatan yang terintegrasi dan reflektif yang bertujuan untuk menghadapi masa depan dengan melihat persoalan utama yang  dihadapi saat ini. Adalah sebuah kebanggaan Taman Nusa dipilih menjadi tempat penyelenggarakan event ini diprakarsai oleh Bapak Taufik Rahzen dan dukungan sepenuhnya dari Kementerian Pariwisata RI,

kami bekerjasama dengan GloBali Cultural & Tourism Observatory dan Pancer Langit Bali. 011

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!