DPRD Setujui RPJMD Semesta Berencana Tuntaskan Ranperda Pertanggungjawaban APBD

posbali.id

JEMBRANA, POS BALI ONLINE – Dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2015 dan Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Tahun 2016-2021 akhirnya disetujui DPRD Jembrana dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jembrana yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Jembrana. Senin (8/8).

Persetujuan Ranperda RPJMD Semesta Berencana 2016-2021 tersebut disampaikan Ketua Pansus III I Nyoman Sutengsu Kusumayasa. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahu 2014, Perda tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 (enam) bulan setelah kepala daerah terpilih dilantik. Selain itu, apabila penyelenggara Pemerintahan Daerah tidak menetapkan RPJPD dan RPJMD, anggota DPRD dan kepala daerah dikenai sangsi administratif. “Berkenaan dengan hal itu maka kami di Pansus III sepakat pada kesimpulan Ranperda RPJMD Semesta Berencana 2016-2021 dapat ditetapkan menjadi Perda,” katanya.

Lebih lanjut, Kusumayasa mengatakan, meskipun demikian Pansus III memberikan sejumlah catatan diantaranya, karena RPJMD Semesta Berencana 2016-2021 masih berpedoman pada Perda tentang Urusan Pemerintahan Daerah dan Perda  tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, maka jika nanti telah ditetapkan Perda yang baru tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, maka Perda RPJMD Semesta Berencana harus segera direvisi.

Sementara, Pansus I yang diketuai Ni Made Sri Sutharmi juga telah menuntaskan tugasnya dalam pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015. Pansus I dalam Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa dan dihadiri pula oleh Bupati dan Wakil Bupati Jembrana melaporkan hasil pembahasannya yang cukup alot dengan mempertimbangkan berbagai aspek, utamanya aspek legalitas dan realisasi APBD 2015, termasuk mencermati LHP BPK RI atas Laporan Keuangan Pemkab Jembrana Tahun 2015. “Kami telah melakukan kajian bersama para ahli yang hasilnya kami jadikan rujukan untuk memberikan saran penyempurnaan atas pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015,” katanya.

Sementara, Bupati Jembrana I Putu Artha mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada seluruh anggota DPRD Jembrana yang telah membulatkan pikiran guna bersamasama menerima dan menyetujui kedua Ranperda tersebut. “Kita semua menyadari bahwa sebelum sampai pada tahap akhir ini, telah melalui serangkaian proses pembahasan baik rapat paripurna maupun rapat kerja, yang sudah tentu menguras tenaga, pikiran dan waktu. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD yang telah bekerjasama dengan SKPD dalam pembahasan ranperda,“ katanya.

Lebih lanjut Bupati Artha mengatakan, RPJMD Semesta Berencana 2016-2021 akan benar-benar dijadikan acuan merencanakan pembangunan setiap tahunnya, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jembrana. ***/024

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!