Ditemukan Tujuh Unsur Logam pada Genta Kuno di Museum Bali dan Museum Blambangan

posbali.id

POS BALI/ERI

Seminar alumni yang digelar FIB Unud, Kamis (1/3) sebelum upacara pelepasan calon wisudawan yang digelar hari ini, Jumat (2/3).

DENPASAR, POSBALI.ID – Terdapat tujuh unsur logam yang digunakan untuk membuat genta kuno yang dikoleksi Museum Bali dan Museum Blambangan. Ke tujuh unsur logam tersebut meliputi tembaga, timah, timbal, besi, seng, nikel, dan titanium.

Hal tersebut diungkapkan alumnus Prodi Arkeologi Uniersitas Udayana, I Gede Arya Suartawan dalam Seminar Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Kamis (1/3).

Meski menemukan tujuh unsur logam, tulisan yang disarikan dari hasil penelitian skripsi tersebut mengungkapkan variasi antar kandungan logam itu berbeda-beda satu sama lain, bahkan pada beberapa genta hanya terdapat sejumlah kandungan logam.

“Berdasarkan hasil pengujian laboratorium diketui unsur tembaga memiliki persentase paling banyak dengan persentase antara 61,9 hingga 77,95 persen,” katanya

Melihat persentase itu, terdapat tiga genta binary alloys dan tiga ternary alloys. “Berdasarkan sifatnya penambahan logam timah pada logam tembaga untuk mempercepat proses pembuatan, memberi efek warna cemerlang, serta penambahan timbal untuk menaikkan tingkat kecairan logam,” jelas Arya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud), Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha M.A., mengatakan seminar yang telah menjadi tradisi pra-yudisium di FIB Unud itu merupakan salah satu upaya untuk menciptakan ruang bertukar informasi antar calon wisudawan sebelum dilepas secara resmi.

“Ini momen akademik terakhir sebelum meninggalkan lembaga ini, tujuannya agar masing-masing calon wisudawan dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi yang positif terhadap hasil penelitiannya,” tambahnya.

Prof. Sutjiati  berharap calon wisudawan maupun mahasiswa aktif tidak terlalu fanatik dengan satu bidang ilmu. Menurutnya, di era modern ini setiap bidang keilmuan harus berkolaborasi agar kebermanfaatannya bisa lebih dirasakan.

“Jangan terlalu fanatik dengan keilmuan yang dipelajari saja, (sebab) di zaman sekarang tidak bisa monodisiplin, harus ada interaksi,” pungkasnya. eri

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Ditemukan Tujuh Unsur Logam pada Genta Kuno di Museum Bali dan Museum Blambangan

  • 10/11/2018 pada 8:42 PM
    Permalink

    Man City’s £32million capture of Valencia’s Nicolas Otamendi means that since the bargain £6m arrival of Vincent Kompany in 2009, the Blues have spent more than £135m on central defenders. Manchester City have spent £135m on central defenders since signing Vincent Kompany… so how have they all fared?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!