Diskopperindag Temukan Makanan Kadaluarsa Masih Dijual

posbali.id

KUTA, POS BALI – Masih saja ditemukan makanan kemasan yang tidak layak dijual, alias kadaluarsa. Hal tersebut diketahui, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopperindag) Kabupaten Badung menggelar monitoring ke sejumlah pasar tradisional, pertokoan, maupun swalayan di kawasan Kecamatan Kuta.

Monitoring, Selasa (21/6) dalam rangka pengawasan produk makanan selama bulan Ramadhan beberapa makanan kemasan ditemukan kadaluarsa dan kemasan yang telah rusak sehingga tidak layak untuk dijual. “Kebanyakan produk makanan kemasan. Tapi untuk parsel aman, tidak kami temukan isinya yang kadaluwarsa,” kata Kabid Perlindungan Konsumen Diskoperindag Badung Gusti Agung Ray Suartini, Rabu (22/6).

Sejumlah produk yang kadaluwarsa dan rusak tersebut, diantaranya bumbu racik sayur lodeh, ditemukan sebanyak 12 saset, bumbu racik ikan goreng 2 saset, tepung kobe tempe goreng kemasan rusak 10 bungkus, 1 bungkus sambal ayam goreng, produk susu 2 kaleng, susu kremer 1 kaleng, dan masih banyak lagi yang lain.

Atas temuan itu, Suartini menegaskan, telah memberikan pembinaan kepada pedagang untuk tidak menjual produk kadaluwarsa dan rusak kemasannya tersebut. Tidak itu saja, pihaknya juga melarang memajang produk-produk tersebut sebelum dikembalikan kepada produsen.

Meski diketahui tidak layak jual, Pihaknya tak lantas memusnahkan barang tersebut lantaran kewenangan ada pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Kami berkoordinasi dengan BPOM. Hanya untuk monitoring yang kami lakukan (Selasa), kami lebih kepada pembinaan,” sebutnya dimana saat monitoring tersebut juga melibatkan Satpol PP Badung.

Dengan dilakukannya pengawasan ketat oleh pemerintah diharapkan produk yang sampai ke konsumen betul-betul layak konsumsi. Pihaknya juga khawatir bulan ramadhan beredar makan kadaluarsa seperti yang ditemukannya. Pihaknya mengimbau produsen lebih cerdas dalam memilih produk olahan makanan kemasan. “Teliti dulu sebelum membeli,” harapnya. 020

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *