Dipastikan Lebih Wow, Persiapan Event Mekaki Marathon 2018 Dimulai

posbali.id

LOBAR, POS BALI ONLINE – Setelah meraih sukses dalam gelaran event Mekaki Marathon 2017 lalu, Pemkab Lobar nampaknya mulai ketagihan. Pemkab Lobar melalui Dinas Parwisata mulai mempersiapkan event yang telah masuk menjadi calendar of event tersebut di tahun 2018 mendatang dan dipastikan akan lebih menarik.

Sebagai tahap awal persiapan Dinas Pariwisata melakukan riset terkait pelaksanaan event tersebut. Perlunya persiapan sejak dini, lantaran untuk mengerjakan event sebesar Mekaki Marathon Internasional butuh tenaga, biaya dan fokus yang besar. Tidak bisa persiapan dilakukan mendadak. Untuk pelaksanaan even ini sendiri, Dispar Lobar mengusulkan anggaran Rp2 miliar, hal ini mengantisipasi jika pada event ini tidak dapat sponsor. Demikian disampaikan Kadis Pariwisata Ispan Junaidi, M.Ed Rabu (15/11).

Dijelaskannya, persiapan memang dilaksanakan sejak dini, seperti halnya tahun lalu dilaksanakan persiapan jauh sebelum event itu digelar. Pihaknya melakukan riset selama 8 bulan. “Kita persiapkan sejak awal karena ini event besar yang butuh tenaga, biaya dan fokus yang luar biasa,”jelas Ispan.

Untuk pelaksanaan kali ini, jelas Kabag Humas Pemda Lobar itu, pihaknya mengaku masih tetap menggunakan sponsor utamanya yang berasal dari salah satu Bank sebab sesuai komitmen awal bahwa pihak perbankan tersebut bersedia membiayai event yang diadakan di Desa Pelangan Sekotong tersebut. Menurutnya, anggaran dari Pemda sejauh ini belum ada kejelasan, karena memang anggaran belum diketok oleh DPRD Lobar.

Namun demikian, dia berharap agar bisa diakomodir sesuai rencana. Untuk membiayai event ini diperlukan anggaran Rp2 miliar. Pihaknya sendiri mengusulkan anggaran tersebut namun sejauh ini baru yang pasti Rp150 juta. Event tahun lalu jelasnya, hanya didanai Rp400 juta, namun jika dikumpulkan dana-dana dari SKPD lain jumlah totalnya mencapai Rp1 miliar lebih.

Kenapa tahun ini diusulkan anggaran jauh lebih besar ? Menurutnya, anggaran total untuk event ini mencapai Rp3,5 miliar. Asumsinya, jika nanti kalau tidak memperoleh sponsor. Pihaknya tidak bisa ‘berjudi’ mengandalkan sponsor, sehingga perlu antisipasi dengan anggaran di Pemda. “Kalau ada dana dari pemda lebih besar, persiapan Psikologis kita, ini event tidak main-main,”jelasnya.

Untuk pelaksanaan event Mekaki Marathon kedua ini jelas pentolan salah satu Perguruan Tinggi di Australia, tentunya diupayakan lebih matang karena ada referensi pelaksanaan event tahun lalu. Ia juga menargetkan tambah banyak lagi publik figur dan tokoh-tokoh nasional yang ikut. Pihaknya juga berencana mengundang Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno, termasuk beberapa tokoh lain yang diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi event ini guna mempromosikan wisata Lobar dan Sekotong khususnya. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Dipastikan Lebih Wow, Persiapan Event Mekaki Marathon 2018 Dimulai

  • 08/11/2018 pada 9:13 AM
    Permalink

    Chelsea boss Jose Mourinho ran the rule over Dynamo Kiev winger Andriy Yarmolenko on Monday when he took in Ukraine’s 1-0 European Championship qualifying defeat by Spain in Kiev. Jose Mourinho watched Ukraine winger Andriy Yarmolenko against Spain with view to bringing Dynamo Kiev star to Chelsea

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!