Digelar Oktober, Mekaki Marathon 2018 Mulai “Soft Lounching”

posbali.id

LOBAR, POSBALI.ID – Sempat tak ada kejelasan pasca penundaan, event Mekaki Marathon 2018 akhirnya akan resmi digelar pada 7 Oktober 2018 mendatang. Berbagai bentuk persiapan telah dilakukan, salah satunya menggelar soft lounching dihadapan sejumlah media nasional dan media lokal termasuk Surat Kabar POS BALI sebagai salah satu media partner di aula Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Lobar, Selasa (15/5).

 

Foto : Konferensi pers terkait event Mekaki Marathon 2018.

 

Dalam prolognya, Kabag Humas dan Protokol Lobar H. Saeful Ahkam mengungkapkan bahwa sejatinya event Mekaki Marathon 2018 digelar bulan April lalu, namun akhirnya dipending akibat gelaran pilkada serentak bulan Juni mendatang. Namun pada dasarnya, event Mekaki Marathon yang pertama di tahun 2017 telah memberi effect yang cukup bagus bagi pariwisata Lobar dan Sekotong secara khusus. “Masyarakat mulai sadar akan pentingnya pariwisata. Pun, tingkat kunjungan wisatawan di Sekotong semakin tinggi, investasi semakin berkembang. Dan di tahun 2018 ini Pemda mempunyai komitmen untuk membangun atau melakukan revitalisasi di kawasan Senggigi dan Sekotong,” paparnya singkat.

 

Kepala Dinas Pariwisata Lobar, Ispan Junaidi menjelaskan sejauh ini ada dua event yang dilaksanakan Pemkab Lobar cukup menyita perhatian yakni event Mekaki Marathon dan Festival Jazz. Dan terkait event Mekaki Marathon yang ke dua ini,  lanjut Ispan, Sekotong dengan potensi yang ada membutuhkan Branding. “Kita sudah mampu buat citra atau branding yang kuat melalui event Mekaki Marathon, termasuk juga Festival Jazz. Hasilnya, sejauh ini wisatawan begitu melekat akan dua atraksi wisata itu,” katanya.

 

Dan untuk event ke dua ini, Ispan bersama pihak-pihak terkait akan berusaha mengangkat lagi dengan pelaksanaan yang lebih baik. Setidaknya, kata dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti molornya waktu pelaksanaan. “Sebuah event, seharusnya kita tetapkan scedulenya. Dan itu sudah kita mulai,” tambahnya.

 

Secara umum, lanjutnya, masyarakat siap menyongsong kembali event tersebut. Dan Pemda Lobar melalui Dinas Pariwiata siap melaksanakan event Mekaki Marathon. Perlu diketahui, katanya, Mekaki Marathon dilaksanakan saat low seasson, sementara Festival Jazz diadakan saat hight seasson. “Itu sengaja kita atur dengan pertimbangan event Mekaki Marathon bisa dan mampu mengundang wisatawan, dan saat datang ke Lobar disuguhkan Festival Jazz. Imbas dari itu, tingkat hunian dengan berbagai event ini cukup baik. Bahkan saat acara MNEK itu kita minus atau kekurangan kamar,” ujarnya berbangga.

 

Sementara itu Juria Ambar Haruni, selaku event organizer Archiss Jakarta menjelaskan, pihaknya baru saja pulang dari Sekotong. Hal menarik yang dilihat adalah jalan yang sudah lebar dan pelaksanaan pelebaran jalan sudah menyeluruh hingga ke pantai Mekaki. “Ini sebuah hal yang membuat kami  bersemangat dan punya satu tekad bahwa Mekaki 2018 harus disupport dan dilaksanakan,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, setelah melalui hasil diskusi maka diputuskan kegiatan Mekaki Marathon pada tanggal 7 Oktober 2018 mendatang. Dalam kegiatan tersebut pihaknya tidak sekedar menginginkan untuk dijadikan sebagai even lari semata, mmelainkan sebagai  momen untuk memperkenalkan Lobar sebagai obyek pariwisata ke seluruh dunia.

 

Hal senada disampaikan Dardityo Santoso atau yang biasa disapa Didit dari DnD Sport. Ia berharap agar para peserta lari nantinya dapat memanfaatkan kegiatan lari tersebut sambil berswa foto dengan masyarakat setempat. Inilah perbedaan even tahun lalu dengan tahun ini. “Sekarang kita ingin lebih banyak merangkul penduduk setempat,” harapnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, tahun lalu itu para peserta belum banyak yang tahu kondisi di Sekotong. Hal ini menyebabkan minimnya informasi tempat menginap dan obyek wisata di Sekotong. Untuk itu pada tahun ini dalam hal penginapan, panitia ingin bekerjasama dengan masyarakat setempat dan para penggiat pariwisata. “Kita akan berikan alternatif kepada peserta untuk menginap di hotel, villa, homestay, atau mungkin di rumah penduduk,” jelasnya.

 

Adapun perbedaan dalam hal pentas di lokasi start, panitia kali ini akan memberikan banyak pertunjukan. Kalau dulu hanya satu pertunjukan, tapi sekarang akan diperbanyak. Ini dimaksudkan untuk menjadi penyemangat kepada pelari. “Panggung hiburan juga akan dibuat merakyat yang bisa memberikan suasana Lombok. Kami juga akan memperbanyak artis dari Lombok,” ujar Didit.

 

Mengenai teknis perndaftaran, akan dimulai pada akhir Juni, melalui online dan offline. Yang melalui online dapat membuka situs www.mekakimarathonofficial.com Ini ditujukan utuk peserta dari luar Lombok dan luar negeri agar bisa mendaftar di situs tersebut. “Kalau yang dari Lombok bisa lewat website maupun offline. Kami sedang persiapkan semuanya supaya mereka bisa mendaftar dengan baik,” pungkasnya. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!