Diapresiasi, Gotong-royong dalam Beryadnya

posbali.id

Wagub Sudikerta Hadiri Ngaben Massal di Pecatu

 

PECATU, POS BALI ONLINE – Wakil Gubernur  (Wagub) Bali Ketut Sudikerta mengapresiasi upacara yadnya ngaben masal yang dilakukan Desa Adat Pecatu, Kuta Utara, Badung, dengan bergotong royong untuk meringankan biaya krama dalam melaksanakan swadarmanya sebagai umat Hindu Bali.

Demikian disampaikan ketika menghadiri puncak karya ngaben masal dan Pitra Yadnya tersebut,  Jumat (05/8). “Dengan semangat gotong royong akan semakin meringankan beban sekaligus biaya yang harus ditanggung oleh krama kita,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ketut Sudikerta menyampaikan rasa syukurnya atas upacara yang selalu dapat dilakukan secara berkesinambungan oleh krama Desa Pekraman Pecatu. “Upacara yadnya ini harus dilakukan sebagai wujud bakti kepada pitra kita, sekaligus sebagai bentuk pembayaran terhadap Tri Rna atau tiga hutang terhadap sang pencipta, guru dan terakhir sekaligus implementasinya yaitu hutang terhadap leluhur kita,” imbuhnya.

Sudikerta juga berpesan pada krama agar selalu melakukan ritual persembahan secara tulus ikhlas serta menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing agar semua masyarakat bisa merasakan yadnya dengan sukacita.

Sementara itu, Bendesa Adat Pecatu, I Made Sumerta menjelaskan,  upacara ngaben kali ini melibatkan sekitar 147 Sekah. Ia juga sangat mengapresiasi kehadiran  Wagub Sudikerta yang merupakan krama Desa Pecatu. “Saya sangat mengapresiasi bantuan dan kehadiran Pak Wagub  di sini sebagai bentuk dukungan bagi kami, dan dukungan dan arahan seperti ini bisa terus dilanjutkan pada kesempatan berikutnya,” harapnya.

Dalam upacara tersebut Sudikerta berkesempatan naik di atas Bade pemuat sekah yang di arak dari Catus Pata Desa menuju Setra Desa Adat Pecatu untuk dilakukan puncak upacara ngaben tersebut. adv

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Diapresiasi, Gotong-royong dalam Beryadnya

  • 28/10/2018 pada 3:56 PM
    Permalink

    【引用】人氣部落客Stella 悠美中醫埋線瘦肚肚實況紀錄 @ ~ 相信悠美 你會更美 ~ :: 痞客邦 :: 小編發現,現在好多女生,手腳都細細的,但卻一直說自己很胖 要特別詢問一下才知道,原來都是胖在肚肚上,所以穿衣服根本看不出來阿!!! (小編也好想胖在肚子上喔,不要胖在屁股跟大腿…,畢竟大腿跟

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!