Dharma Adyaksa Tawarkan Ngaben “Hanya”  Rp 14 Juta

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Ketua Dharma Adyaksa PHDI Pusat Ida Pedanda Made Bang Buruan menawarkan program ngaben yang terjangkau bagi umat Hindu di di Bali. Program ini sebagai bentuk respon atas tingginya biaya upacara pitrya yadnya yang digelar oleh umat Hindu. Hal ini juga untuk mematahkan stigma bahwa upacara ngaben tak mesti mahal.

“ Hanya Rp 14 juta sudah bisa ngaben. Meski terjangkau  namun tetap berkualitas serta tidak mengubah tatanan yang ada,”kata Sulinggih  dari Griya Bang Suarga Manuaba tersebut, Senin  (13/11) di Denpasar.

Program ngaben tersebut kata dia sudah dilakukan olehnya sejak 15 tahun silam. Tak hanya di Bali namun juga di beberapa daerah khususnya di transmigran yang dominan dari warga Bali (Hindu).

“Sedangkan,  untuk  Ngaben Memukur menelan biaya  Rp 24 Juta.  Semua dilayani tidak ada tambahan biaya apapun lagi,”tambahnya.  Ia menguraikan, program ini ditawarkan untuk menekan serendah-rendahnya biaya ngaben yang salaam ini dianggap mahal dan kerap disoroti mengurus harta warisan umat HIndu di Bali.  Sebagai Sulinggih, kata dia wajib memberikan alernatif atau solusi kepada umat Hindu dalam menyikapi upacara keagamaan yang kerapkali dianggap berat tersebut.Ia menegaskan bahwa program tersebut bukanlah profit oriented melainkan sosial oriented.

Ia menilai ngaben bukan semata sebagai upacara kematian umat Hindu di bali yang dijiwai spirit agama namun juga unsur kebudayaan yang menjadi daya tarik wisatawan. Tradisi tersebut mesti tetap dilakukan. Namun, sesuai perkembangan zaman tentau saja biaya menjadi alasan klasik. Apalagi tidak diimbangi dengan  edukasi yang baik mengenai upacara dalam ngaben.

“Program ngaben cerdas berkualitas ini tidak hanya menjadi solusi tapi juga mengedukasi umat Hindu,”jelasnya. Ia juga mengapresiasi saat ini bermunculan berbagai yayasan atau lembaga keumatan dalam acara ngaben massal. Namun, nyatanya kerapkali dikatakan terjangkau  namun di tengah perjalana biayanya melambung tinggi. “Kalau dianggap mahal uang dikembalikan,”tutupnya. 008

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *