Dewan Pertanyakan Wacana Pembatalan PL, Ajukan Hak Angket, Bila Dibatalkan

posbali.id

BANGLI, POS BALI – Wacana pembatalan pelaksanaan proyek Penunjukan Langsung (PL) oleh eksekutif mulai ditanggapi serius kalangan legislatif. Kalangan wakil rakyat mulai gerah dengan pembatalan proyek PL yang telah masuk dalam APBD 2016.

Menurut Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles sejauh ini, belum ada koordinasi pihak eksekutif terkait pembatalan PL tersebut. “Apa benar PL itu bakal dibatalkan,”tanya Komang Carles saat dihubungi, Rabu (8/6). Bila PL dibatalkan eksekutif, pihaknya selaku wakil rakyat bakal mengajukan hak angket. Pasalnya, apa yang masuk dalam APBD 2016 dinaungi Perda, wajib dilaksanakan eksekutif. “Kalau eksekutif membatalkan PL berarti, tidak tunduk pada Peraturan Daerah ( Perda). Kalau itu terjadi kami dari Partai Demokrat bakal ajukan hak angket,”kata pria yang juga menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Bangli.

Lebih lanjut dikatakan , pembatalan kegiatan yang telah masuk dalam APBD dan telah diperdakan, baik itu PL maupun proyek lain, ada aturannya. Jadi tidak boleh seenaknya.  “Selama ini kita melihat belum ada aturan dari pusat yang melarang pelkasanaan PL itu. Jadi kenapa Bangli justru melarangnya, kan aneh jadinya,”kritiknya.

Wacana pembatalan proyek PL mulai mengundang keresahan masyarakat. Pasalnya, sebelumnya, intansi terkait telah melakukan pengukuran ke lokasi PL yang bakal dilaksanakan. Jadi kalau ini dibatalkan masyarakat tentunya akan berteriak. “Masyarakat sudah resah dengan wacana pembatalan proyel PL itu,”tegasnya.

Sebelumnya Bupati Bangli Made Gianyar saat berdialog dengan masyarakat Desa Landih, Bangli menyebutkan,  bakal membatalkan proyek bernilai Rp100-200 juta. Pembatalan proyek kecil-kecil ini diperkirakan senilai Rp 26 miliar.  Dana ini bakal digunakan untuk melanjutkan hotmik, Landih-Mukus, hingga jalan nasional Kintamani. Bila ada sisa,  maka digunakan kegiatan lainnya. Hal ini bakal dibahas dalam APBD Perubahan. 028

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!