Dewan Lobar Minta Villa tak Berijin Ditindak

posbali.id

LOBAR, POS BALI ONLINE – Lembaga legislative di Kabupaten Lobar menemukan banyak villa tak berijin di kawasan Senggigi Batu Layar. Terkait temuannya itu, Dewan pun meminta agar Pemkab Lobar menindaktegas usaha pariwisata yang melanggar aturan tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Lobar Multazam yang ditemui Kamis (2/11/2017) mengungkapkan, di kawasan Batu Layar itu terdapat sejumlah villa yang belum memiliki izin usaha. Bagaimana tidak, villa yang dia maksud adalah rumah pribadi yang dialih fungsikan menjadi villa. “Dari hasil inspeksi mendadak yang kami lakukan, kami banyak menemui itu,” ungkapnya.

Dijelaskan Multazam, sidak yang dilakukan pihaknya berdasarkan hasil informs yang diberikan oleh warga sekitar. Awalnya lembaga dewan dalam hal ini Komisi II belum terlalu yakin. Namun setelah dilakukan sidak, informasi yang diperoleh itu ternyata benar. “Dan memang kita temukan banyak rumah tinggal yang justru dialih fungsikan menjadi villa. Terbukti banyak tamu yang datang dan menginap di tempat itu,” ujarnya.

Terkait hasil sidak itu, pihaknya telah menyarankan ke pihak eksekutif untuk melakukan ‘pembersihan’ terhadap villa-villa nakal tersebut. Tentunya, beberapa instansi diharapkan bekerjasama, mulai dari pemerintah desa, Camat, hingga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMP2T) Lobar. “Sehingga mungkin nanti, Bapenda juga melakukan pemutakhiran data, baik itu tanah dan izin tinggal. Apakah ini izin tinggal atau izin usaha,” jelasnya.

Nantinya, kata dia, untuk penindakan tegas tentunya menjadi ranah pihak DPMP2T dan Dinas Sat Pol PP Lobar. Namun Dewan nantinya akan tetap memberikan saran bagi villa yang tak sesuai izin untuk mengurus sesuai dengan penggunaannya. “Kami dari dewan setelah menemukan data tentu hanya bisa menyarankan. Bahwa kalau itu usaha dibuatkan izin usaha,” ujar politisi Nasdem itu.

Lanjutnya, namun jika nantinya telah ditemukan villa yang memiliki izin rumah tinggal, namun masih tetap dikomersilkan, maka nantinya akan ditindak tegas yang dilakukan oleh pihak terkait. “Nanti ini kan perlu di tindak tegas oleh Sat Pol PP dan instansi lain yang bekerjasama,” tandasnya kemudian. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *